ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOCUS OF CONTROL DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 1 KARANG BARU

FINTAS TRITAYOMI , 1032011173 (2016) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOCUS OF CONTROL DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 1 KARANG BARU. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
1_7-PDF_SKRIPSI FINTAS TRITAYOMI.pdf

Download (264Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi locus of control dan hasil belajar matematika pada siswa SMA Negeri 1 Karang Baru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Faktor dominan apa saja yang mempengaruhi locus of control dan hasil belajar matematika siswa SMA negeri 1 Karang Baru. Cara kerja teknik ini yaitu mereduksi data dari variabel asal menjadi variabel baru yang jumlahnya lebih sedikit dari variabel awal. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes yaitu dengan menggunakan instrumen angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode survey. Metode survey yang dimaksud adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pertanyaan terstruktur yang sama pada setiap orang, kemudian semua jawaban yang diperoleh peneliti dicatat, diolah, dan dianalisis. Juga menggunakan pendekatan kulitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Karang Baru sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X dan XI SMA Negeri 1 Karang Baru. Kelas X terdiri dari 9 kelas berjumlah 282 siswa dan kelas berjumlah 282 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes yaitu dengan menggunakan instrumen angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan melalui dua tahap analisis faktor locus of control dan duat tahap analisis faktor hasil belajar matematika diperoleh nilai KMO yang lebih dari 0,5 yang berarti data tersebut memenuhi syarat untuk analisis faktor. Faktor keadaan internal adalah faktor dominan yang mempengaruhi locus of control pada siswa SMA Negeri 1 Karang Baru dan faktor eksternal yaitu faktor lingkungan sosial adalah faktor dominan yang mempengaruhi hasil belajar matematika pada siswa SMA Negeri 1 Karang Baru karena faktor ini mempunyai nilai eigenvalue terbesar yang memberikan nilai kontribusi keragaman terbesar dibandingkan faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Yusaini, S.Pd, M.Pd Pembimbing II: Rita Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: LOCUS OF CONTROL,HASIL BELAJAR
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Oct 2017 03:26
Last Modified: 06 Oct 2017 03:26
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/987

Actions (login required)

View Item View Item