DEVA RAHAYU, 131000769 (2015) MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATERI POKOK ALJABAR KELAS VII MTs ULUMUL QURAN LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (734Kb) | Preview |
Abstract
Mempelajari matematika harus menggunakan strategi yang dapat membuat matematika itu menyenangkan sehingga setiap konsep awal yang diajarkan dapat diterima dengan baik oleh siswa serta memperoleh hasil belajar yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran inkuiri berbasis audiovisual pada materi pokok aljabar kelas VII MTs Ulumul Quran Langsa. Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat merupakan salah satu alternatif mengatasi masalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Secara singkat strategi pembelajaran inkuiri berbasis audiovisual merupakan strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran inkuiri merupakan suatu strategi pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa. Dimana pada strategi pembelajaran ini memiliki enam tahap pelaksanaannya yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan membuat kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII Tahfidz Pi MTs Ulumul Quran Langsa, yang berjumlah 31 siswa. Subjek pemberi tindakan adalah peneliti, guru matematika kelas VII Tahfidz Pi, dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data melalui tes yang berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal pada setiap siklus dan observasi yang terdiri dari observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII Tahfidz Pi MTs Ulumul Quran Langsa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan hasil tes belajar siswa secara klasikal meningkat dari 54,8% pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 83,9% dengan mencapai peningkatan hingga 29,1%. Sehingga dapat di simpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri berbasis audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok aljabar kelas VII MTs Ulumul Quran Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Rita Sari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 04:09 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 04:09 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/983 |
Actions (login required)
View Item |