PENGARUH KEMAMPUAN SISWA DALAM TASHRIF DENGAN PENGGUNAAN KAMUS BAHASA ARAB DI MAS BABUL HUDA GELANGGANG MERAK

MARLIAH, 121000473 (2015) PENGARUH KEMAMPUAN SISWA DALAM TASHRIF DENGAN PENGGUNAAN KAMUS BAHASA ARAB DI MAS BABUL HUDA GELANGGANG MERAK. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
1_7-PDF_SKRIPSI.pdf

Download (401Kb) | Preview

Abstract

Sharaf adalah suatu ilmu yang membahas kalimat dari segi perubahan, ilat, ibdal dan kawaid sharaf adalah ilmu yang membahas perubahan bentuk dan perpalingan suatu kalimat kepada bentuk yang lain, ilmu ini sangat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam memahami kosa kata bahasa arab, karena perubahan bentuk kalimat itu juga berpengaruh kepada makna dan tujuannya. MAS Babul Huda Gelangang Merak adalah salah satu tempat pendidikan agama islam yang mempelajari bahasa arab seperti muhadasah, insya dan tarjamah dan lainya, dan dalam memahami makna kosa kata/ kalimat salah satu metode yang di pakai di sekolah ini adalah dengan penggunaan kamus bahasa arab, Sedangkan dalam penggunakan kamus bahasa arab di wajibkan mengetahui tasrif, karena suku kata yang di pakai dalam kamus menggunakan kalimat dasar/ wazan kalimat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana kemampuan siswa dalam tasrif dengan penggunaan kamus bahasa arab di MAS Babul Huda ? Bagaimana pengaruh kemampuan murid terhadap tasrif dalam penggunaan kamus bahasa arab? dan Metode apa yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam tasrif dengan penggunaan kamus bahasa arab ? Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriftif analisis. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 25 orang. Adapun instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, observasi, wawancara, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam tashrif baik dan dari hasil data tes angket menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam tashrif itu sangat berpengaruh dalam menggunakan kamus bahasa arab. Dan metode yang di gunakan guru dalam meningkatkan kemampuan tashrif siswa adalah metode Tanya jawab, Metode Menghafal mufradat dan Metode istiqraiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Burhanuddin sihotang, MA Pembimbing II: Mulyadi. MA.
Uncontrolled Keywords: TASHRIF
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 03 Aug 2017 08:42
Last Modified: 03 Aug 2017 08:42
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item