PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SHORT CARD DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS DI MTSS YASPENDI SUNGAI IYU

NUR AQMAL, 111005543 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SHORT CARD DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS DI MTSS YASPENDI SUNGAI IYU. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY'.pdf

Download (540Kb) | Preview

Abstract

Salah satu pendekatan yang banyak digunakan dalam proses pembelajaran ialah pendekatan Contekxtual Teaching and Learning yang merupakan pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan. Dalam pendekatan CTL ada banyak model pembelajaran yang dapat digunakan, salah satunya yang digunakan oleh guru di MTsS Yaspendi Sungai Iyu dengan pendekatan CTL saat mengajar ialah model Short Card. Model Short card dengan menggunakan media kartu dalam praktek pembelajaran al-Qur’an Hadits akan membantu siswa dalam memahami pelajaran dan menumbuhkan motivasi mereka dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, menurut penulis penerapan model pembelajaran short card akan sangat membantu untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTsS Yaspendi Sungai Iyu.Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti melakukan langkahlangkah berupa mereduksi data, menyajikan data, dan melakukan penarikan kesimpulan.berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan maka diketahui bahwa nilai-nilai yang diperoleh siswa rata-rata diatas batas ketuntasan yang ditetapkan sehingga bisa dikatakan bahwa nilai belajar yang diperoleh siswa meningkat setelah diterapkan model short card.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. Zainuddin, MA Pembimbing II: Muhaini, MA
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Subjects: Pendidikan > Metode Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 12 Jan 2017 03:59
Last Modified: 12 Jan 2017 03:59
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item