SEWASTURINI, 130900531 (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLADGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XII TKJ SMK NEGERI 4 LANGSA T.A. 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (460Kb) | Preview |
Abstract
Rendahnya hasil belajar kemungkinan besar diakibatkan oleh beberapa faktor, dimana salah satunya adalah strategi pembelajaran yang digunakan guru di sekolah masih belum mampu memahami perbedaan individu siswa, maka untuk mengatasi hal tersebut salah satunya yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowladge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Di Kelas XII TKJ SMK Negeri 4 Langsa T.A. 2014/2015?” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui Adakah Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowladge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Di Kelas XII TKJ SMK Negeri 4 Langsa T.A. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, rancangan penelitiannya desain randomized control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 4 Langsa yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas XII TKJ 1 dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas XII TKJ 2. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 6 butir soal. Untuk uji hipotesis menggunakan statistik non parametik dengan uji Mann Whitney menghasilkan nilai Asym sig (2- tailed) 0,031 yang berarti nilai sig t < α 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowladge Sahring dan yang tidak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Nuraida, M.Pd Pembimbing II: Mazlan, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | ACTIVE KNOWLADGE SHARING |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 03:23 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 03:23 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/670 |
Actions (login required)
View Item |