Pengaruh Media Kaperdom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran PKN

Mauliana, 1052019017 (2023) Pengaruh Media Kaperdom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran PKN. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
NEW MAULIANA I-V Baru (file benar).pdf

Download (658kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai KKM siswa masih di bawah nilai yang ditentukan yaitu sebesar 70%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media Kaperdom pada siswa kelas VB MIN 4 Langsa tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan bentuk one grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 4 Langsa yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VB yang berjumlah 27 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes soal essay, data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test, berdasarkan penelitian dari uji t maka diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 16,809 > 1,674 dan nilai Sig. 0,00 < 0,05 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kaperdom dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VB MIN 4 Langsa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Yusaini, M.Pd Pembimbing II:Suhelayanti, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Media Kaperdom dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Dec 2024 04:12
Last Modified: 30 Dec 2024 04:12
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4258

Actions (login required)

View Item View Item