Isyatul Fuja, 1022019007 (2023) Efektivitas Penggunaan Kahoot untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca di MAN 1 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
SKRIPSI ISYATUL FUJA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kahoot adalah salah satu media yang berfokus pada platform pembelajaran sebagai teknologi pendidikan. Peneliti mencatat bahwa pengajaran bahasa Arab di MAN 1 Langsa terutama dalam keterampilan membaca masih terkena banyak masalah termasuk kesulitan dalam membaca mereka tahu kosakata dari kalimat tetapi tidak dapat memahami teks secara akurat dalam proses pembelajara serta kurangnya motivasi yang diperlukan, untuk mengasah keterampilan membaca dan tidak bersemangat dalam kegiatan kelas. Oleh karena itu, peneliti memutuskan untuk menggunakan kahoot dalam keterampilan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan keterampilan membaca yang sesuai untuk siswa MAN 1 Langsa dan mengetahui penggunaan kahoot dalam mengembangkan keterampilan membaca untuk siswa MAN 1 Langsa dan efektivitas penggunaan kahoot dalam mengembangkan keterampilan membaca untuk siswa MAN 1 Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen dengan menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, ujian, angket dan analisis data menggunakan T-Test. Adapun hasil penelitian adalah keterampilan membaca bahasa Arab yang cocok untuk siswa MAN 1 Langsa dibagi menjadi: pemahaman langsung, deduktif, kritis dan rasa. Adapun penggunaan Kahoot untuk mengembangkan keterampilan membaca dalam langkah-langkah, yaitu: Pertama) Peneliti memberikan PIN login kahoot kepada siswa. Kedua) Permainan dimulai dan peserta siap memilih jawaban dari tes ini dengan cepat dan benar. Ketiga) Setelah menjawab soal siswa dapat mengetahui nilai. Dengan menggunakan T-Test Pair 1 (-15,000) dan T-Test Pair 2 (-19,000) mendapatkan tingkat signifikansi (Sig.)(0,05<0,00.) artinya penggunaan kahoot ada pengaruh yang signifikan dan efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di MAN 1 Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Fuji Astuti, M>A Pembimbing II: Dr.Nur Balqis, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Kahoot, Keterampilan Membaca |
Subjects: | Bahasa Arab > Kemampuan Membaca dalam Bahasa Arab |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 07:57 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 07:57 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4117 |
Actions (login required)
View Item |