Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan E-Channel Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Darussalam Langsa

Haryati, 4012019013 (2024) Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan E-Channel Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Darussalam Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI HARYATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan dan kemajuan di bidang teknologi serta pengunaan internet dalam layanan keuangan telah membawa perubahan yang signifikan pada industri perbankan. Tidak terkecuali juga bank bsi, bank bsi telah mengeluarkan jenis layanan yang berbasis teknologi yang menggunakan internet yang disebut dengan e-channel. Dalam memasarkan layanan e-channel peneliti menggunakan marketing mix 4p, yaitu: product, price, place, dan promotion. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran layanan e-channel Bank BSI KC Darussalam Langsa dan untuk mengetahui strategi yang diterapkan dengan analisis SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif desktiptif dengan menggunakan analisis SWOT. Subjek pada penelitian ini yaitu informan dan responden berjumlah 4 orang. Hasil menelitian menunjukan bahwa, strategi marketing mix di Bank BSI KC Darussalam Langsa yaitu: Product: Layanan lengkap dan beragam tidak sebatas keuangaan saja. Price: harga cukup murah dan sesuai standar. Place: Tempat strategis mudah dijangkau dekat pusat kota dan lapangan merdeka. Promotion: Melakukan iklan, promosi penjualan dan publisitas. Ada 4 startegi yang digunakan dalam analisis SWOT, yaitu strategi SO: Pangsa pasar yang berkembang, meningkatkan kualitas layanan dan mempertahankan keunggulan. Strategi ST: Melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang layanan, dan mempertahankan keungulannya. Starategi WO: Melaksanakan perbaikan sistem, mengurangi biaya transaksi antar bank, dan memperbanyak promosi. Strategi WT: Membuat program kompetisi di bidang it, meningkatkan kamanan dalam pengunaan layanan e-channel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Prof.Dr. Iskandar,MCL Pembimbing II:Faisal Umar Dani Hasibuan,M.M
Uncontrolled Keywords: Produk e-channel, Strategi Pemasaran, Marketing Mix, Analisis SWOT
Subjects: Muamalat > Perbankan Syariah
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:22
Last Modified: 05 Jul 2024 03:22
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4111

Actions (login required)

View Item View Item