PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (GNT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA NEGERI 3 LANGSA

ROSDIANA, 130900550 (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (GNT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA NEGERI 3 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (367Kb) | Preview

Abstract

Guided Note Taking atau catatan terbimbing ini merupakan salah satu model pembelajaran active learning yang menuntut siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar dengan mengisi hand out yang diberikan oleh guru. Model ini menekankan pada adanya aktifitas dan kefokusan siswa pada hand out dan materi pembelajaran yang disampaikan guru secara ceramah serta diharapkan siswa mampu memecahkan masalah sendiri guna mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Guided Note Taking terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri dikelas XI SMA Negeri 3 Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuatitatif, rangcangan penelitiannya desain randomized control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 3 Langsa yang terdiri dari 8 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah 2 (dua) kelas yaitu XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 47 siswa dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 46 siswa. Instrumen yang digunakan adalah test dalam bentuk uraian yang terdiri dari 8 butir soal. Berdasarkan hasil uji coba di peroleh validitas test 0,648 dan reabilititas test 0,818 sehingga dapat di simpulkan bahwa intrumen memenuhi syarat untuk pengumpulan data dalam penelitian ini. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Nuraida, M.Pd Pembimbing II: Budi Irwansyah, M.Si
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, TRIGONOMETRI, GUIDED NOTE TAKING (GNT)
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Matematika > Trigonometri
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 29 Mar 2016 04:24
Last Modified: 29 Mar 2016 04:24
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item