Mela Ulinta, 1022018025 (2023) Strategi Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab DiMTsS Tarbiyah Auladil Muslimin Aceh Tenggara. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
Mela Ulintan.pdf Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan nilai antar siswa, ada siswa yang mendapat nilai lebih tinggi dari siswa lainnya, sehingga peneliti dapat melakukan strategi tutor sebaya, agar siswa yang lebih pintar dapat dijadikan guru bagi siswa lain yang nilainya lebih rendah. Kurang dari KKM.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi tutor sebaya bagi siswa di MTsS Tarbiyah Auladil Muslimin, dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa setelah menerapkan strategi tutor sebaya.. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII,Vlll dan lX MTsS Tarbiyah Auladil Muslimin, tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 80 siswa, dengan jumlah sampel 50 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 15 siswa. kelas kontrol. Alat yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan angket. Setelah peneliti menganalisis data, peneliti menemukan hasil penelitian yaitu: Strategi peer teaching berpengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab, dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 31,08. Perbedaan efek penggunaan strategi tutor sebaya dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa di Aceh Tenggara adalah: Siswa dapat memahami mata pelajaran dengan baik menggunakan metode tutor sebaya, siswa dapat memecahkan masalah dan siswa belajar materi baru dari mata pelajaran yang diajarkan oleh guru. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor sebelum dan sesudah penerapan strategi tutor sebaya, yaitu: nilai sebelum 52,71% dan nilai sesudah 76,42% dikelas ekspriment dan nilai sebelum 53% dan sesudah 61% dikelas kontrol. Hal ini menandakan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Burhanuddin Sihotang, M.A Pembimbing II:Khuzaimah Alfisyahrina, M.A |
Uncontrolled Keywords: | Tutor Sebaya, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | Bahasa Arab > Metode Pembelajaran Bahasa Arab |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 27 May 2024 02:05 |
Last Modified: | 27 May 2024 02:05 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4068 |
Actions (login required)
View Item |