Dampak Shiffting Belajar Selama Masa Pandemi Covid 19 Tahun 2021 Pada Hasil Belajar PAI Siswa Di SMA Negeri 3 Karang Baru

Diana Yustika, 1012017074 (2023) Dampak Shiffting Belajar Selama Masa Pandemi Covid 19 Tahun 2021 Pada Hasil Belajar PAI Siswa Di SMA Negeri 3 Karang Baru. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
DIANA YUSTIKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses belajar siswa pada masa Covid 19, seharusnya, aktifitas belajar disekolah 6-7 jam, namun dikarenakan tahun 2019-2021 masih berada pada masa new normal, aktifitas belajar anak menjadi 4-5 jam dengan dan masih menerapkan system daring, sehingga hal tersebut berdampak pada penurunan hasil belajar siswa. Adapun tujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem shiffing belajar di SMA Negeri 3 Karang Baru selama pandemi Covid 19 tahun 2021. Serta Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan sistem shiffing belajar di SMA Negeri 3 Karang Baru selama pandemi Covid 19 tahun 2021, dan hasil belajarnya. Metode penelitian yang penulis gunakan untuk penelitian ni yaitu metode kualitatif dengan jenis field reaserch, adapun teknik pengumpulan yang penulis gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan penulis analisis dengan menggunakan kualitatif deskriptif analisis. Adapun hasil penelitian yang diproleh bahwa Pelasaksanaan sistem belajar Shifting dilakukan dengan sistem ganda atau menjadikan 2 kelompok belajar. Adapun kegiatan yang dilakukan sapa seperti kegiatan yang dilakukan sebelum pandemic, hanya saja durasi waktu belajar berkurang dan sistem penilaian dilakukan secara online, sedangkan untuk sarana prasana, siwa bebas memilih tempat duduk namun harus saling berjauhan, dan menggunakan masker. Adapun yang menjadi penghambat yaitu waktu atau durasi belajar yang berkurang dan guru harus melakukan pengulangan materi yang sama, sehingga banyak memakan waktu. Sedangkan pendukungnya kondisi kelas lebih kondusif atau terkontrol. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan selama pelaksanaan sistem Shifting, dibandingkan dengan daring, namun hasil belajar siswa banyak mengalami perubahan pada pelaksanaan sistem Shifting, dibandingkan dengan daring, namun hasil belajar siswa banyak mengalami perubahan pada peringkat kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Lathifah Hanum, MA Pembimbing II:Fenny Anggreni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Shifting Kelas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 05 Mar 2024 04:16
Last Modified: 05 Mar 2024 04:16
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3997

Actions (login required)

View Item View Item