Silvia Noviana Nst, 1052016011 (2021) Efektivitas Model Question Student Have dalam Pelajaran IPS Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V MIN 1 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
.SILVIA NOVIANA Nst. 1052016011. PGMI. 2021.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Question Student Have dalam pelajaran IPS materi Kenampakan Alam Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia terhadap kemampuan kognitif siswa kelas V MIN 1 Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk melihat kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan model ini, dilakukan validasi terhadap lembar observasi dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 1 Langsa tahun ajaran 2021 yang berjumlah 16 siswa, terdiri dari 9 laki-laki dan 7 perempuan. Model ini digunakan untuk mendapatkan harapan dan masalah dalam pembelajaran IPS yang dituliskan dalam kartu pertanyan. Instrumen yang digunakan yaitu soal (tes tulis) dan lembar observasi. Data dalam pelaksanaan penerapannya melalui lembar aktivitas dan hasil belajar berupa tes pada tahap akhir pembelajaran. Alat yang digunakan untuk mengolah data hasil penelitian menggunakan data kuantitatif berupa nilai hasil belajar siswa yang dapat dianalisis secara deskriptif. Analisis ini digunakan untuk mencari presentase ketuntasan klasikal. Dan menggunakan data kualitatif, dalam analisis ini menggunakan lembar observasi saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian dikatakan berhasil apabila telah mencapai kategori baik. Sedangkan hasil tes dikatakan berhasil apabila 75% siswa mencapai nilai ketuntasan. Hasil penelitan siklus I belum mencapai kategori baik yaitu 56,25 % siswa yang mencapai nilai kkm dengan nilai rata-rata 63,48. Kemudian pada siklus II hasil penelitian meningkat menjadi 81,25% dengan nilai rata-rata 73,12. Demikian penerapan pembelajaran IPS dengan model Question Student Have. Hasil penelitian yang dilaksanakan mengenai efektivitas model Question Student Have dalam pelajaran IPS terhadap kemampuan kognitif siswa kelas V MIN 1 Langsa diperoleh kesimpulan bahwa “Penerapan dari model Question Student Have pada materi Kenampakan Alam dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Rita Sari, M.Pd Pembimbing II: Junaidi, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Question Student Have, kemampuan kognitif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 03:24 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 03:24 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3943 |
Actions (login required)
View Item |