Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger di Kelas V MIN Langsa

Mutia Rani, 1052015066 (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger di Kelas V MIN Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
.MUTIA RANI. 1052015066. PGMI. 2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran Treffinger sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena model pembelajaran Treffinger merupakan suatu langkah dalam memecahkan masalah, berfikir kreatif dalam menguasai konsep-konsep mata pelajaran yang diajarkan, serta memberikan kesempatan untuk menunjukkan potensi-potensi kemampuan yang dimiliki siswa, termasuk kamampuan kreatifitas dan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas V MIN 1 Langsa, untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger di kelas V MIN 1 Langsa, dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger di kelas V MIN 1 Langsa. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V-A MIN 1 Langsa yang berjumlah 32 siswa. Terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Obyek penelitian adalah hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan menggunakan model pembelajaran Treffinger. Data hasil penelitian ini diperoleh dari hasil belajar, obsevasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas belajar memperoleh persentase sebesar 43,75%. Dan meningkat menjadi 84% pada siklus II. Disamping itu hasil aktivitas guru pada siklus I dengan nilai rata-rata 73 dan siklus II adalah 99,4. Sedangkan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata dari siklus I adalah 73,2 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata adalah 96,4. Serta respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger 80% siswa tertarik dan mendapatkan respon positif dari siswa. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil dan aktivitas belajar matematika siswa, dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Faisal, M.Pd Pembimbing II: Nina Rahayu, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Treffinger
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:57
Last Modified: 16 Nov 2023 08:03
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3880

Actions (login required)

View Item View Item