Implementasi Pembelajaran STAD untuk Menumbuhkan Karakter Profil Pelajar Pancasila di MIN 5 Langsa

Sarifah Zuhra, 1052019060 (2022) Implementasi Pembelajaran STAD untuk Menumbuhkan Karakter Profil Pelajar Pancasila di MIN 5 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
SARIFAH ZUHRA. 1052019060. PGMI. 2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum merdeka yang menganut profil pelajar pancasila belum terlaksana secara menyuluruh di sekolah yang berada di Kota Langsa, salah satunya seperti di MIN 5 Langsa. Oleh sebab itu karakter profil pelajar pancasila belum dimiliki oleh siswa di sekolah tersebut. Kemudian PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) juga belum terealisasi pada sekolah tersebut, maka perlunya untuk menanamkan karakter profil pelajar pancasila agar siswa memiliki moral dan akhlak mulia serta dapat berkontribusi terhadap pelestarian nilai-nilai toleransi dan perdamaian diantara masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pembelajaran STAD untuk menumbuhkan karakter profil pelajar pancasila, pertumbuhan karakter profil pelajar pancasila dan projek penguatan profil pelajar pancasila di MIN 5 langsa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan Kemmis dan Tanggart yang dilakukan dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI A MIN 5 Langsa yang berjumlah 25 siswa. Dalam pelaksanaan penelitian ini Teknik pengumpulan data dan Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran STAD untuk menumbuhkan karakter profil pelajar pancasila dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, kemudian refleksi, dalam tahap tindakan menggunakan model pembelajaran STAD. Pertumbuhan karakter profil pelajar pancasila pada siklus I sebanyak 46% kemudian meningkat sebanyak 77% pada siklus II. Projek penguatan profil pelajar pancasila pada siklus I hanya dapat menumbuhkan beberapa karakter saja, tetapi pada siklus II projek disusun lebih kreatif dan inovatif sehingga dapat menumbuhkan semua karakter profil pelajar pancasila. Dengan demikian disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran STAD untuk menumbuhkan karakter profil pelajar pancasila di MIN 5 Langsa memperoleh ketuntasan yang baik dan terjadi peningkatan hasil pertumbuhan karakter profil pelajar pancasila di MIN 5 Langsa yang dapat dilihat dari projek yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Cherry Julida Panjaitan, M.Pd Pembimbing II: Junaidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran STAD, Karakter Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar pancasila
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:04
Last Modified: 28 Jul 2023 08:04
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3727

Actions (login required)

View Item View Item