Nur Khalisa Noviza, 1052017022 (2022) Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V MIS Gampong Meutia. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
NUR KHALISAH NOVIZA. 1052017022. PGMI. 2022.pdf Download (2MB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan prestasi belajar yang dicapai siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang. Berdasarkan observasi, hasil belajar siswa di MIS Gampong Meutia belum mencapai nilai kriteria kelulusan minimal pada pembelajaran IPS disebabkan kurang dalam menggunakan media dan model pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Dari sini timbullah pemikiran penulis untuk melakukan upaya agar terciptanya proses pembelajaran yang lebih baik,dengan menciptakan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique). Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas V MIN Gampong Meutia yang berjumlah 34 siswa dengan KKM Individual 70 dan klasikal 75%, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: soal post tes kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,005 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model VCT (Value Clarification Technique) sangat cocok digunakan pada pembelajaran IPS dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIS Gampong Meutia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Junaidi, M.Pd.I Pembimbing II: Raudhatul Husna, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Anak, Kemampuan Hasil Belajar, Model VCT |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 08:00 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 08:00 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3726 |
Actions (login required)
View Item |