Pengembangan Puzzle Arab untuk Siswa Kelas 3 di MIN 2 Aceh Tamiang

Meutia Abdah, 1022018010 (2023) Pengembangan Puzzle Arab untuk Siswa Kelas 3 di MIN 2 Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
Meutia Abdah. 1022018010. PBA. 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifannya. Penelitian ini dilatar‌belakangi oleh pembelajaran bahasa arab yang sering terjadi siswa merasa bosan dan malas dalam mempelajari materi yang disediakan. Penyebabnya ialah karena penyampaian materi yang cenderung monoton dan faktor motivasi yang rendah. Untuk itu perlu adanya suasana yang dapat menumbuhkan minat dan semangat siswa untuk belajar bahasa arab dengan menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu, media yang peneliti gunakan adalah untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan, yaitu melalui media permainan Puzzle. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apa puzzle arab yang cocok untuk siswa kelas 3 di MIN 2 Aceh Tamiang?, (2) Apa ruang lingkup pembelajaran kosakata yang cocok untuk siswa kelas 3 di MIN 2 Aceh Tamiang?, (3) Sejauh mana efektivitas puzzle arab yang cocok untuk siswa kelas 3 di MIN 2 Aceh Tamiang?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall, yang terdiri dari 7 langkah. Adapun instrumen untuk mengumpulkan data adalah: wawancara, observasi, tes dan angket. Hasil penelitian dari pengembangan media puzzle arab yang dilakukan di MIN 2 Aceh Tamiang adalah sebagai berikut: (1) Puzzle arab yang cocok untuk siswa kelas 3 di MIN 2 Aceh Tamiang adalah Puzzle kosakata. (2) Ruang lingkup pembelajaran kosakata yang cocok untuk siswa kelas 3 di MIN 2 Aceh Tamiang setelah melihat dari buku pelajaran bahasa Arab di sekolah dengan tema “Nama-nama Penyakit” untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. (3) Media Puzzle ini sangat efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil ujicoba lapangan dengan 31 siswa dan mendapatkan hasil 81,61% yang termasuk kedalam kategori "sempurna".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Meutia Rahmah Pembimbing II: Dr. Nur Balqis, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Puzzle Arab, Kosakata.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 23 Jun 2023 09:10
Last Modified: 23 Jun 2023 09:10
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3610

Actions (login required)

View Item View Item