Vivi Aulia, 1052015048 (2022) Kecerdasan Emosional Siswa dalam Pelajaran IPA melalui Metode Praktikum. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
VIVI AULIA. 1052015048. PGMI. 2022.pdf Download (8MB) |
Abstract
Peneliti telah melakukan observasi awal ke lokasi penelitian mengenai kecerdasan emosional dari siswa bahwa siswa susah dalam mengontrol emosi individu, dapat dilihat dari siswa yang suka bertindak sesuai dengan keinginannya tanpa memperhatikan dampak buruk yang terjadi terhadap orang lain. Disebabkan oleh sikap yang buruk sehingga kurangnya kemampuan siswa untuk mengenaliemosi diri sendiri sehingga sulit membina hubungan dengan orang lain di sekitar sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana kecerdasan emosionlal siswa dalam pelajaran IPA melalui metode praktikum pada siswa kelas V di MI Gampong Mutia? 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi kecerdasan emosional siswa dalam pelajaran IPA melauli metodepraktikum pada siswa kelas V di MI Gampong Mutia. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa dalam pelajaran IPA melalui metode praktikum pada siswa kelas V di MI Gampong Mutia, 2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional siswa dalam pelajaran IPA melalui metode praktikum pada siswa kelas V di MI Gampong Mutia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dengan subyek penelitiannya yaitu ke 28 siswa kelas 2 (dua) guru kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa dalam pelajaran IPA melalui metode praktikum pada siswa kelas V di MI Gampong Mutia pada awalnya terlihat masih rendah sehingga setelah melakukan tindakan selanjutnya kecerdasan emosional siswa sudah terlihat lebih baik hal ini dilihat dari aspek lima indikator yaitu 1) Mengenali emosi mencapai nilai rata-rata 26,60. 2) Mengelola emosi memperoleh nilai rata-rata 39,35. 3) Motivasi memperoleh nilai 34,82. 4) Empati mencapai nilai rata-rata 27,32. 5) Membina hubungan mencapai nilai rata-rata sebesar 34, 67. Selanjutnya, faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional siswa dalam pelajaran IPA melalui metode praktikum pada siswa kelas V di MI Gampong Mutia yaitu faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah/ masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Rita Sari, M.Pd Pembimbing II: Nina Rahayu, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan emosional, Praktikum |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 03:49 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 03:56 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3239 |
Actions (login required)
View Item |