Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Media Gambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN 4 Aceh Tamiang

Ramadana, 1052018067 (2022) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Media Gambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN 4 Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
RAMADANA. 1052018067. PGMI. 2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan berbahasa meliputi empat aspek, yaitu membaca, menulis,menyimak, dan berbicara. Berdasarkan keempat kemampuan tersebut, keterampilan membaca merupakan kemampuan wajib yang harus dikuasai oleh semua siswa. Kasus Kesulitan Membaca merupakan kesulitan yang sering terjadi di kalangan pada anak tingkat sekolah dasar kelas 1. Oleh karena itu kesulitan belajar membaca permulaan lebih diperhatikan oleh guru kelas. Adapun Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar permulaan siswa kelas 1 SD/MI. Membaca bagi siswa dipandang menjadi penentu keberhasilan dalam belajarnya di sekolah, dikarenakan seluruh materi pelajaran dalam berbagai bidang studi yang diajarkan di sekolah menuntut pemahaman akan konsep dan teori yang harus dipahami melalui aktivitas membaca, dengan kemampuan membaca yang benar dan handal akan menjadi modal dasar dan penentu utama keberhasilan dalam berbagai mata pelajaran, begitupun sebaliknya kegagalan dalam penguasaan kemampuan belajar membaca akan menjadi penghambat atau bahkan akan menjadi salah satu sumber kegagalan dalam studi siswa di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan siswa membaca permulaan dalam menyusun huruf menjadi sebuah kata di MIN 4 Aceh Tamiang dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat siswa kelas 1 dalam menyusun huruf menjadi sebuah kata di MIN 4 Aceh Tamiang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif . Hasil dari penelitian ini Kemampuan membaca siswa yang berjumlah 22 sampel siswa, terdapat 36,4 siswa tidak mampu membaca yaitu 8 siswa, 31,8 kurang mampu membaca yaitu 7 siswa, 13,6 mampu membaca yaitu 3 siswa dan 18,2 sangat mampu membaca yaitu 4 siswa. Dari hasil penelitian peneliti mendapatkan nilai rata-rata pre-test adalah 25,73 dan standard deviasinyan adalah 5,28 sedangkan nilai rata-rata post-test yaitu 34,93 dan standard deviasinya 2,4. Untuk mengetahui apakah membaca kartu gambar mempengaruhi kemampuan membaca siswa maka dilakukan uji hipotesis dari data yang telah didapatkan dilapangan. Hasil dari uji hipotesis adalah nilai T-hitung. T-hitung lebih besar daripada nilai T-tabel hingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa dengan melakukan membaca kartu gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, MA Pembimbing II: Chery Julida Panjaitan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Membaca permulaan, Media Gambar, Metode Kuantitatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:59
Last Modified: 26 Dec 2022 08:59
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3183

Actions (login required)

View Item View Item