Analisis Kesalahan Fonologi dalam Membaca Teks Bahasa Arab Siswa di Dayah Raudhatun Najah Langsa

Nur Asni, 1022017017 (2021) Analisis Kesalahan Fonologi dalam Membaca Teks Bahasa Arab Siswa di Dayah Raudhatun Najah Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
NUR ASNI. 1022017017 . PBA. 2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini memebahas tentang analisis kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa arab siswa di dayah Raudhatun Najah Langsa. Analisis kesalahan adalah proses analisis kesalahan bahasa yang terjadi ketika belajar bahasa asing seperti bahasa yang ke dua. Adapun rumusan masalah yaitu apa bentuk kesalahan fonologi yang terjadi ketika siswa dayah Raudhatun Najah dalam membaca teks arab?, apa faktor yang menyebabkan kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa arab siswa dayah Raudhatun Najah?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk kesalahan fonologi yang terjadi ketika siswa dayah Raudhatun Najah dalam membaca teks arab, untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kesalahan fonologi dalam membaca teks arab siswa dayah Raudhatun Najah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Dan langkah-langkah analisis kesalahan yang terdiri dari mengetahui kesalahan, mendeskripsikan kesalahan dan mengklarifikasikan kesalahan dan menafsirkan kesalahan. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini dilakukan didayah Raudhatun Najah. Dan hasil penelitian sebagai berikut: Bentuk-bentuk kesalahan fonologi yang terjadi pada siswa Raudhatun Najah yaitu bentuk kesalahan penghilangan huruf, kesalahan pelafalan (pengucapan) huruf yang hampir sama, kesalahan penyimpangan huruf, dan bentuk kesalahan penyisipan atau penambahan. Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan fonologi ketika membaca teks arab yaitu: ketidakmampuan siswa dalam melafalkan huruf yang benar, siswa tidak terbiasa dalam melatih pengucapan huruf dan minim membaca teks arab dalam kehidupan sehari-hari, kurang nya motivasi siswa dalam mempelajari bahasa arab khususnya di maharah qiraah, kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam proses pemebelajaran bahasa arab, dan minimnya usaha guru untuk memotivasi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Meutia Rahmah, MA Pembimbing II: Khuzaimah Alfisyahrina, M.A
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Fonologi, Membaca
Subjects: Bahasa Arab > Kemampuan Membaca dalam Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:05
Last Modified: 24 Nov 2022 03:05
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3113

Actions (login required)

View Item View Item