Pembelajaran Al-Qur'an bagi Siswa Tunadaksa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Langsa

Cut Dera Delfira, 1012018019 (2022) Pembelajaran Al-Qur'an bagi Siswa Tunadaksa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
CUT DERA DELFIRA. 1012018019. PAI. 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dari seorang siswa tunadaksa dengan semangat yang sangat tinggi dalam membaca alquran. Hal tersebut menjadi menarik untuk diteliti karena tunadaksa merupakan kelainan yang dimiliki oleh seorang individu dengan kondisi cacat pada tubuhnya. Oleh karena itu perlu diketahui bagaimana pembelajaran alquran bagi siswa tunadaksa dalam memperoleh pengetahuan yang baik untuk mempelajari alquran bagi siswa tunadaksa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Langsa. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan (field Reseach) pada siswa SLB Negeri Kota langsa sebagai subjeknya dengan objeknya adalah pembelajaran alquran. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Setelah data dianalisis diperoleh hasil bahwa proses pembelajaran alquran bagi siswa tunadaksa di SLB Negeri Kota Langsa melalui penggunaan metode Iqra’ yang sebelumnya dibuat perencanaan, pelaksanaan yang berpedoman mengevaluasi. Kepada rencana yang telah di susun dengan teknik tes (penilaian tertulis dan penilaian lisan) dan non tes (membaca langsung atau mengikuti bacaan guru).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Lathifah Hanum, MA Pembimbing II: Nurhanifah, MA
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran alquran, Tunadaksa, Metode Iqra’
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus > Pendidikan Disabilitas
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:11
Last Modified: 21 Oct 2022 03:11
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3035

Actions (login required)

View Item View Item