HUBUNGAN ANTARA GURU DAN MURID DALAM PROSES PENDIDIKAN MENURUT IMAM AL-GHAZALI

MUHAMMAD YAHYA Z, 110905196 (2014) HUBUNGAN ANTARA GURU DAN MURID DALAM PROSES PENDIDIKAN MENURUT IMAM AL-GHAZALI. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
ready.pdf

Download (146Kb) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sebagai suatu kegiatan yang sadar akan tujuan, maka dalam pelaksanaan berada dalam proses yang berkesinambungan dalam setiap jenis dan jenjang Pendidikan, semuanya saling berkaitan dalam suatu sistem pendidikan yang integral. Guru dan murid merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan kata lain tidak ada proses pendidikan jika tidak ada kedua unsur tersebut. Keduanya memegang peran yang sangat penting. Seorang guru memegang kunci keberhasilan dan keberlangsungan pendidikan. Tanpa kelas, gedung bahkan peralatan sekalipun proses kegiatan belajar mengajar masih dapat berjalan walaupun dalam keadaan darurat. Sebagai contoh pendidikan anak-anak di Aceh pasca gempa bumi dan tsunami. Mereka belajar dengan seadanya, asalkan masih ada orang (guru) yang merelakan dirinya untuk mengajar, sebab tanpa guru proses belajar hampir tak mungkin berjalan. Atas pemikiran diatas, maka langkah utama yang tidak dapat ditinggalkan adalah upaya penyiapan tenaga guru yang profesional dengan berbagai macam pelatihan keguruan ataupun pendidikan yang dapat mendukung kompetensi Guru, walaupun pada dasarnya tugas utama guru adalah mengajar (merupakan perilaku universal)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mahyiddin, MA Pembimbing II: Yaser Amri, MA
Uncontrolled Keywords: GURU, MURID, PENDIDIKAN, IMAM AL-GHAZALI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Pendidikan > Pengajar/Guru
Pendidikan > Murid
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 31 Dec 2015 02:43
Last Modified: 31 Dec 2015 02:43
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item