SUMIYEM, 11005557 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VII MTS SWASTA MIM LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
ready.pdf Download (391Kb) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “PENGARUH PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VII MTs SWASTA MIM LANGSA”. Dalam pembelajaran, metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan, karena metode menjadi sarana dalam penyampaian materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum. Tanpa metode, suatu materi pelajaran tidak akan dapat terproses secara efektif dan efesien dalam kegiatan belajar mengajar menuju tujuan pendidikan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis di MTs. S MIM Langsa rendahnya daya serap siswa terhadap materi pelajaran menjadikan siswa kurang bersemangat untuk mempelajari materi yang disajikan khususnya pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Hal tersebut terjadi karena metode yang digunakan guru terlalu menoton dan hanya menggunakan satu metode yaitu metode ceramah. Berdasarkan hal tersebut, menurut penulis pemilihan metode sosiodrama akan sangat membantu untuk membuat siswa lebih aktif dan membantu siswa mencerna makna dari materi pelajaran yang disampaikan sehingga hasil belajar yang akan dicapai akan menjadi lebih baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas VII MTs.S MIM Langsa?”.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VII MTs.S MIM Langsa yang terdiri dari 3 kelas. Sampel diambil 2 kelas yaitu kelas VIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIb sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, sedangkan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t.Dari hasil pengolahan data dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58 didapat thitung=0 dan ttabel= 1,67 berarti 0 < 1,67 sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa penggunaan metode sosiodrama pada pembelajaran SKI tidak berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di MTs.S MIM Langsa khususnya pada materi sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekah. Diharapkan pada guru bidang studi SKI dapat melanjutkan uji coba pembelajaran dengan menggunakan metode sosiodrama untuk pokok bahasan materi SKI lainnya ataupun bidang pendidikan lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. Basri Ibrahim, MA Pembimbing II: Lathifah Hanum, MA |
Uncontrolled Keywords: | METODE SOSIODRAMA, KEBUDAYAAN ISLAM |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran Pendidikan > Pendidikan Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 03 Dec 2015 02:42 |
Last Modified: | 03 Dec 2015 02:42 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/274 |
Actions (login required)
View Item |