Implementasi Ethnomatematika Berbasis Budaya Aceh pada Objek Wisata Kota Langsa

Winda Permata Sari, 1032016021 (2020) Implementasi Ethnomatematika Berbasis Budaya Aceh pada Objek Wisata Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
WINDA PERMATA SARI.1032016021.PMA.2020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Matematika merupakan bagian dari suatu kebudayaan yang didukung oleh nilai�nilai. Namun sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa matematika merupakan ilmu yang bebas akan nilai dan budaya. Sehingga masyarakat kurang menyadari adanya ethnomatematika yang tumbuh dan berkembang pada budaya masyarakat. Penelitian ini membahas tentang penerapan konsep-konsep matematika dalam kebudayaan Aceh khususnya pada rumah adat Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan atau implementasi nilai-nilai matematika dalam kebudayaan Aceh khususnya pada rumah adat Aceh. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu objek wisata Kota Langsa yaitu ruang terbuka (RTH) Kota Langsa khususnya pada rumah Aceh yang berada di objek wisata tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Dalam penelitian ini sampel penelitian terdiri dari tiga informan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model spradley yang terdiri dari 4 tahapan yaitu analisis domain, taksonomi, komponensial dan tema. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penerapan nilai-nilai matematika pada rumah adat Aceh. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas masyarakat yang menyangkut kepada indikator ethnomatematika dan penerapan-penerapan konsep matematika dalam rumah adat Aceh salah satunya konsep geometri seperti garis, sudut, bangun datar dan bangun ruang. Implementasi ethnomatematika dalam pembelajaran matematika dapat diterapkan dengan cara pengenalan nilai-nilai budaya yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang, kegiatan mengukur dan menghitung objek , serta melukis objek. Hasil dari penelitian ini diharapkan nantinya dapat dijadikan sebuah inovasi dalam pembelajaran matematika di sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sabaruddin, M.Si Pembimbing II: M. Zayyar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Ethnomatematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:42
Last Modified: 21 Jul 2022 08:42
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item