Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Pembelajaran CTL (Studi pada Siswa Kelas IV MIN 4 Aceh Tamiang)

Siska Oktafriani, 1052016068 (2021) Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Pembelajaran CTL (Studi pada Siswa Kelas IV MIN 4 Aceh Tamiang). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
SISKA OKTRAFRIANI.1052016068.PGMI.2021.pdf

Download (100MB)

Abstract

Kegiatan penelitian Tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas IV. C MIN 4 Aceh Tamiang karena berdasarkan hasil observasi pada proses pembelajaran di kelas IV. C MIN 4 Aceh Tamiang ini menunjukkan bahwa interaksi pembelajaran dalam kelas hanya bersifat monoton. Siswa kurang aktif, pembelajaran masih berpusat pada guru. Respon siswa terhadap pembelajaran cendrung rendah, selama proses pembelajaran berlangsung siswa hanya diam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktifitas dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan lembar kerja siswa dan lembar aktifitas siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV. C MIN 4 Aceh Tamiang. Subyek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. C MIN 4 Aceh Tamiang yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan hasil aktivitas belajar siswa secara keseluruhan bahwa pada prasiklus rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 1.5 dengan presentase 37.5 % dan pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa 2.27 dengan presentase 56.9 % serta pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa 3.38 dengan presentase 84.7 %. Sedangkan hasil belajar yang diperoleh siswa pada prasiklus hanya 2 siswa yang tuntas dengan presentase 6.06% sedangkan siklus I banyak siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 20 siswa dengan presentase 60.6% dan siklus II banyaknya siswa yang tuntas pembelajaran IPA semakin mengalami peningkatan menjadi 29 siswa dengan presentase 87.8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Suhelayanti, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: aktifitas belajar, hasil belajar, pembelajaran ilmu pengetahuan alam.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:58
Last Modified: 21 Jul 2022 04:01
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2692

Actions (login required)

View Item View Item