Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa di MIN Langsa

FERA ARIANI, 1052016025 (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa di MIN Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
FERA ARIANI. 1052016025. PGMI. 2021.pdf

Download (782kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru sebagai pendidik menjelaskan materi hanya terfokus pada buku pelajaran saja tanpa memberi gambaran nyata pada siswa mengenai materi pelajaran pada sub tema hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya. Guru seharusnya dapat memberikan gambaran nyata tentang materi yang disampaikan, sebab guru yang bertanggung jawab atas keberhasilan siswa di kelas. Terlebih guru juga yang lebih mengetahui keadaan dan kebutuhan siswa sehingga guru bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan disukai anak saat proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui model pembelajaran discovery terbimbing berpengaruh terhadap aktivitas siswa di MIN 1 Langsa Tahun Ajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui model pembelajaran discovery terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswadi MIN 1 Langsa Tahun Ajaran 2020/2021.Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian eksperimen.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dijabarkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 78.39% dari kelas eksperimen dan 71.61% pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Ha dapat diterima dan H0 ditolak atau penggunaan model pembelajaran discovery terbimbingberpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hasil ini berdasarkan pengujian uji-T dan program SPSS yang digunakan peneliti untuk menganalisis hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Terlebih uji-T dan program SPSS digunakan untuk melihat perbandingan hasil kedua kelas yang paling signifikan mengalami peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Rita Sari, M.Pd Pembimbing II: Nina Rahayu, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Terbimbing dan Hasil Belajar IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:24
Last Modified: 29 Jun 2022 02:24
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2602

Actions (login required)

View Item View Item