Wahyu Ardiansyah, 1052017033 (2022) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pndemi Covid-19 di MI Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
WAHYU ARDIANSYAH.1052017033. PGMI. 2022.pdf Download (1MB) |
Abstract
Peran guru dalam meningkatkan kreativitas siswa dimasa pandemi itu sangat penting. Hal tersebut bisa dilihat dari kemajuan belajar siswa pada masa pandemi yang memiliki keterbatasan waktu dalam belajar dan keterbatasan melakukan suatu yag bersifat outdoor. Akan tetapi dengan adanya peran guru siswa juga dapat meningkatkan kreativitasnya dimasa pandemi dengan adanya dukungan dari guru dan pihak sekolah serta tetap mematuhi protokol kesehatan. Untuk itu, penelitian mengkaji peran guru dalam usaha meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia masa pandemi covid-19 di MI Kota Langsa. Jenis penelitian yang dipakai yaitu jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ialah seorang guru kelas V, dan siswa kelas Va MIN 4 Kota Langsa. Hasil penelitian menyatakan bahwa Peran guru dalam meningkatkan kreativitas siswa itu sangat penting terutama dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Beberapa peran guru yang dapat meningkatkan kreativitas siswa yang pertama yaitu peran guru sebagai motivator yaitu memberikan motivasi dan semangat kepada siswa, yang kedua peran guru sebagai fasilitator yaitu guru harus memiliki sejumlah pengetahuan untuk diajarkan kepada siswa, yang ketiga peran guru sebagai transformasi yaitu guru harus menguasai materi yang akan diajarkan kepada siswa, yang keempat peran guru sebagai evaluator yaitu mampu mengenal sejumlah peserta didik yang berhasil dan gagal dalam melaksanakan proses pembelajaran, dan yang terakhir yaitu peran guru sebagai adaptasi yaitu guru mampu membuat siswa memjadi lebih aktif dalam belajar dan mampu menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri siswa. Faktor pendukung kreativitas siswa dengan adanya pembagian jam masuk sekolah yaitu pembagian shift dan media pembelajaran yang menarik & sesuai. Adapun faktor penghambat yaitu adanya pengulangan materi di sif yang berbeda sehingga memperlambat penyelesaian tujuan pembelajaran. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa guru sangat bertujuan dalam meningkatkan peran guru dalam meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia masa pandemi covid-19 di MIN 4 Kota Langsa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Chery Julida Panjaitan, M. Pd Pembimbing II: Junaidi, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Kreativitas Siswa, Pelajaran Bahasa Indonesia, Pandemi Covid-19. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 02:35 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 02:35 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2440 |
Actions (login required)
View Item |