MUTIA ULFAH, 1022013012 (2018) METODE KOMUNIKATIF DAN PENGGUNAANNYA DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA DI MAN KUALA SIMPANG. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
MUTIA ULFAH.1022013012.PBA.2018.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstract
Berbicara adalah salah satu kemahiran utama dalam bahasa Arab. Karena asal bahasa itu adalah berbicara. Oleh karena itu pembelajaran berbicara sangat penting bagi siswa. Dengan demikian seorang guru harus memilih metode pembelajaran yang sesuai dalam melakukan proses pembelajaran. Karena metode dapat membantu keberhasilan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Metode Komunikatif adalah salah satu metode pembelajaran yag dapat digunakan guru dalam pembelajaran berbicara. Oleh karena itu penulis ingin melakukan penelitian tentang Metode Komunikatif dan penggunaannya dalam pembelajaran berbicara di MAN Kuala Simpang. Dengan demikian peneliti ingin menjawab pertanyaan berikut: apakah efektif menggunakan Metode Komunikatif dalam pembelajaran berbicara di MAN Kuala Simpang? dan bagaimana kemampuan siswa dalam pembelajaran berbicara menggunakan Metode Komunikatif di MAN Kuala Simpang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Metode Komunikatif dalam pembelajaran berbicara di MAN Kuala Simpang dan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran berbicara menggunakan Metode Komunikatif di MAN Kuala Simpang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan populasi penelitian yaitu semua siswa kelas sebelas sebanyak empat kelas dengan jumlah siswa 127 orang, dan adapun sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2, kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol, dan teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, tes awal dan tes akhir sebagai instrumen dalam pengumpulan data, dan setelah melakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan Metode Komunikatif dalam pembelajaran berbicara di MAN Kuala Simpang efektif. Hal ini dibuktikan dengan tes akhir yang dilakukan di dua kelas karena hasil dari uji (t) 5,958 lebih besar daripada 2,000 pada uji (t) tabel, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesa diterima dan kemampuan siswa dalam pembelajaran bebicara meningkat menggunakan Metode Komunikatif di MAN Kuala Simpang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Ahmad Fauzi, M.Ag Pembimbing II: Hatta Sabri, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | METODE KOMUNIKATIF, KEMAMPUAN SISWA |
Subjects: | Bahasa Arab > Kemampuan Mahasiswa Bahasa Arab > Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Arab |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 04:25 |
Last Modified: | 04 Dec 2018 04:25 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1433 |
Actions (login required)
View Item |