MAULIZA, 1022013039 (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PROBLEMANTIKA BELAJAR BAHASA ARAB DI SMA MUHAMMADIYAH 4 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
MAULIZA.1022012039.PBA.2017-A.pdf Download (2523Kb) | Preview |
Abstract
Bahasa arab dipelajari mulai dari Ibtidaiyah hingga jenjang fakultas, akan tetapi dalam mempelajari Bahasa Arab selalu terdapat problematika baik yang berasal dari guru maupun muridnya. Hal tersebut peneliti dapatkan dari hasil observasi peneliti ke sekolah dimana siswa mengalami beberapa problem dalam belajar Bahasa Arab, diantaranya kurangnya minat siswa untuk belajar Bahasa Arab, dan kurangnya kemampuan siswa dalam memahami setiap pembelajaran Bahasa Arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang dihadapi dalam belajar Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 4 Langsa. Dan untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan guru untuk mengatasi segala problematika belajar Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 4 Langsa. Dan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa pada tahun ajaran 2016/2017. Dan peneliti mengambil satu kelas dengan jumlah 22 siswa sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dan Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Dan peneliti menggunakan observasi, dan wawancara untuk mengumpulkan data dan informasi. Sesudah peneliti melakukan analisis sehingga menghasilkan hasil penelitian ini adalah faktor-faktor yang dihadapi dalam belajar Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 4 Langsa diantaranya kurangnya minat siswa dalam belajar Bahasa Arab dikarenakan banyak dari mereka merasa tidak penting belajar Bahasa Arab, kurangnya kecekatan guru dalam menggunakan metode yang sesuai dalam mengajar, dan media pembelajaran yang terbatas. Dan usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi segala problematika belajar Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 4 Langsa diantaranya guru selalu memberikan motivasi kepada mereka untuk belajar Bahasa Arab dengan memberikan pemahaman akan manfaat dan tujuan belajar Bahasa Arab, dan juga guru menciptakan media pembelajaran yang sedrehana seperti kartu kata untuk mengajarkan mufradat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Hatta Sabri, M.Pd Pembimbing II: Burhanuddin Sihotang, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PROBLEMANTIKA |
Subjects: | Bahasa Arab > Metode Pembelajaran Bahasa Arab |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 20 Jul 2018 03:44 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 03:44 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1316 |
Actions (login required)
View Item |