KEMAMPUAN SISWA TERHADAP MENGUASAI ISIM NAKIRAH DAN MA'RIFAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI 1 MANYAK PAYED

NURUL MAULIDA, 1022012053 (2017) KEMAMPUAN SISWA TERHADAP MENGUASAI ISIM NAKIRAH DAN MA'RIFAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI 1 MANYAK PAYED. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
NURUL MAULIDA.1022012053.PBA.2017.pdf

Download (3506Kb) | Preview

Abstract

Kaidah bahasa arab mencakup dua bagian yaitu kaidah nahu dan sharaf, isim nakirah dan Ma`rifah adalah satu bagian dari seluruh bagian tata bahasa yang diajarkan dalam pembelajaran ilmu nahu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam pembelajaran Isim nakirah dan Ma`rifah Di SMA N 1 Manyak Payed, dan kemampuan seluruh siswa terhadap Menguasai Isim nakirah dan Ma`rifah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMA N 1 Manyak Payed, dan kendalakendala apa saja yang dihadapi siswa terhadap Menguasai Isim nakirah dan Ma`rifah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di SMA N 1 Manyak Payed. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dua, sedangkan sampel merupakan bagian dari populasi , dengan demikian sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah siswa 27 orang. Adapun instrument penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam pengumpulan data ialah: observasi, wawancara, dan tes. Setelah peneliti menganalisis data maka peneliti menemukan hasil penelitian yaitu: proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam pembelajaran Isim nakirah dan Ma`rifah berjalan sesuai harapan tanpa ada kendala apapun, dan kemampuan seluruh siswa terhadap Menguasai Isim nakirah dan Ma`rifah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMA N 1 Manyak Payed bagus, dan ini dibuktikan dari hasil tes yang dilakukan peneliti yang menunjukkan bahwa siswa dirumah sekolah tersebut lebih banyak memperoleh hasil yang bagus, dan peneliti tidak mendapatkan kendala-kendala yang dihadapi siswa terhadap Menguasai Isim nakirah dan Ma`rifah dalam Pembelajaran Bahasa Arab, disebabkan guru-guru sekolah tersebut menggunakan media dan metode yang sesuai didalam proses pembelajan Isim nakirah dan Ma`rifahdi dalam pembelajaan bahasa arab, dan ini dibuktikan dari hasil observasi guru yang peneliti lakukan dilapangan di SMA N 1 Manyak Payed .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. H. Abdullah A. Rahman, MA Pembimbing II: Hatta Sabri, M.Pd
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN SISWA, ISIM NAKIRAH, ISIM MA'RIFAH
Subjects: Bahasa Arab > Kemampuan Mahasiswa
Bahasa Arab > Metode Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 23 Mar 2018 02:21
Last Modified: 23 Mar 2018 02:21
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item