MARHAMAH, 1012011105 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA PELAJARAN FIQH DI MADRASAH ALIYAH SWASTA(MAS) GP.TEUNGOH LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
ready.pdf Download (161Kb) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses yang sangatkompleks, karena dalam proses tersebut siswa tidak hanya sekedar menerima dan menyerap informasi yang disampaikan oleh guru ,dari proses pembelajaran menghasilkan suatu perubahan yang bertahap dalam diri siswanya. The Learning Cell merupakan metode pembelajaran yang diterapkan secara berpasang-pasangan. Motivasi Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari :Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Pembelajaran The Learning Cell dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS. Penelitian ini bersifat Kualitatif dengan mengambil latar belakang Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Gp.Teungoh Langsa dengan jumlah 14 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi (pengamatan), Angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran The Learning Cellyang dilakukan pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Gp.Teungoh Langsa. Peneliti ingin memberikan gambaran tentang metode pembelajaran yang menurut peneliti akan meningkatkan motivasi belajar siswa yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode The Learning Cell efektif digunakan pada pembelajaran Fiqh khususnya siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Swasta(MAS) Gp.Teungoh Langsa terbukti adanya peningkatan motivasi belajar siswa, sebelum pembelajaran menggunakan metode The Learning Cell motivasi belajar siswa sangatlah rendah, motivasi siswa siklus I masih belum terlihat dikarenakan siswa belum terlalu paham dan mengerti hanya 8 orang siswa yang termotivasi dan aktif. Kemudian pada siklus II siswa kelas XI IPS menjadi meningkat sebanyak 12 orang siswa. Dengan demikian pada aspek motivasi mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran The Learning Cell dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS pada pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Swasta(MAS) Gp.Teungoh Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Muhaini, MA Pembimbing II: Nani Endri Santi, MA |
Uncontrolled Keywords: | METODE PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL, MOTIVASI BELAJAR |
Subjects: | Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa Pendidikan > Metode Pengajaran Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 08:46 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 09:26 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1113 |
Actions (login required)
View Item |