TIKA AYU RAMADHANY, 2012012229 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMBELI MAKANAN DI RESTORAN NON MUSLIM (STUDI KASUS KOTA LANGSA). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
1_7-PDF_SKRIPSI TIKA AYU RAMADHANY.pdf Download (1965Kb) | Preview |
Abstract
Makanan merupakan kebutuhan hidup manusia yang hakiki. Saat ini masyarakat semakin sadar bahwa makanan yang dikonsumsi sehari-hari sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dan mengetahui apa yang dikonsumsi baik untuk dirinya dan kemashlahatan akhirat kelak, tentu nya makanan yang masuk kedalam tubuh harus yang halal. Untuk mendapatkan makanan yang terbaik, konsumen dihadapkan oleh pemilihan atau membeli makanan yang beraneka ragam dari pedagang restoran muslim ataupun dari pedagang restoran non muslim. Kenyataannya, pada Restoran non muslim banyak didapati konsumen muslim dalam pembelian makanan atau minuman. Dimana konsumen muslim tidak mengetahui apakah makanan yang disajikan sesuai dengan syariat Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen muslim dalam membeli makanan di Restoran non muslim (studi kasus Kota Langsa) dan diantara faktor-faktor tersebut faktor apakah yang paling besar atau sangat berpengaruh dalam keputusan pembelian makaanan di Restoran non muslim (studi kasus Kota Langsa). Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Variabel yang digunakan ialah variabel bebas terdiri dari faktor selera, faktor kebersihan, faktor harga, faktor kualitas, faktor pelayanan dan faktor promosi. Sedangkan variabel terikat yaitu keputusan pembelian makanan. Pengujian ini menggunakan model uji normalitas, uji validitas, uji realibilitas, uji heteroskedastisitas, uji determinasi, uji hipoesis yaitu uji F (stimulan) dan uji T (partial) dengan menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini perhitungan koefisien korelasi seluruhnya bahwa seluruh pernyataan yang dicantumkan dalam kuesioner mampu untuk mengungkapkan faktor selera, faktor kebersihan, faktor harga, faktor kualitas, faktor pelayanan, dan faktor promosi terhadap keputusan pembelian makanan. Dari hasil uji heterokedastisitas dapat disimpulkan tidak terjadi masalah heteroskedastisitas dalam model regresi. Hasil analisis regresi determinasi ialah pengaruh faktor selera, faktor kebersihan, faktor harga, faktor kualitas, faktor pelayanan, dan faktor promosi sebesar 0,959 = 95,5% dan 4,5% dipengaruhi oleh faktor laion atau diluar penelitian. Dari hasil uji hipotesis dalam uji T diperoleh hasil regresi uji T dari yang paling besar sampai paling kecil yaitu : pertama, faktor harga. Kedua, faktor kebersihan. Ketiga, faktor selera. Keempat, faktor kualitas. Kelima, faktor pelayanan. Keenam, faktor promosi. Dari seluruh pemilik Restoran non muslim yang peneliti wawancarai, dapat simpulkan bahwa Restoran Segar dalam pemakaian dapur umum dan dapur pribadi mereka menggabungkannya. Sedangkan Untuk Restoran Solo Muda, Warkop 88, dan Solo Muda pemakaian dapur umum dan dapur pribadi dipisah. Pemilik Restoran Purnama enggan memberikan informasi kepada peneliti dengan alasan pribadi. Seluruh hasil wawancara peneliti dengan anggota-anggota MPU Kota Langsa, peneliti menarik kesimpulan hukum mengkonsumsi makanan di Restoran non muslim ialah syubhat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Mursyidin AR, S.Ag, MA Pembimbing II: Ridwan, S.Pd.I, MA |
Uncontrolled Keywords: | MAKANAN DALAM ISLAM, HALAL |
Subjects: | Hukum Islam > Aspek Fiqih Lainnya > Makanan dan Minuman |
Divisions: | Fak. Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah) |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 04:02 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 04:02 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1048 |
Actions (login required)
View Item |