ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP PADA MATERI FIQIH DI SMP NEGERI 9 LANGSA

MARINA ZAHARA, 111005416 (2015) ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP PADA MATERI FIQIH DI SMP NEGERI 9 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (489Kb) | Preview

Abstract

Pembelajaran sebagai suatu aktivitas dilaksanakan dengan mengorganisasi atau mengatur lingkungan belajar dengan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan siswa sehingga terjadi proses belajar. Aktivitas yang dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor penting yang sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karenanya, aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sangat berkaitan erat dan dan tak dapat dipisahkan antara satu dan lainnya. Saat proses pembelajaran berlangsung aktivitas belajar siswa sangat berperan untuk dilibatkan guna tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif. Permasalahan yang terjadi, dari hasil wawancara yang dilakukan dikatakan bahwa siswa masih belajar dengan cara hapalan untuk memahami konsep-konsep fiqih yang ada. Cara hapalan ini mempunyai kelemahan karena pengetahuan yang baru diterima tidak dikaitkan dengan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya sehingga konsep-konsep yang diterima mudah lupa. Disamping itu, aktifitas siswa sangat kurang sekali yang menyebabkan hasil belajar yang belum mencapai ketuntasan klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar siswa dengan menggunakan peta konsep pada materi fiqih di SMP Negeri 9 Langsa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 9 Langsa yang mengikuti mata pelajaran agama materi fiqih puasa. Metode pengumpulan data melalui teknik observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi yang digunakan sebagai pedoman untuk melakukan observasi atau pengamatan guna memperoleh data sesuai dengan keadaan yang diamati. Prosedur dalam penelitian ini menggunakan 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi (menganalisa data). Sedangkan untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (kesimpulan).Pengunaan peta konsep pada materi pembelajaran untuk melihat aktivitas siswa di SMP Negeri 9 Langsa dapat disimpulkan bahwa dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang menunjukkan hasil bahwa pada siklus I menunjukkan rata-rata aktivitas peneliti 70% dengan kategori cukup baik sedangkan aktivitas siswa menunjukkan rata-rata adalah 66,67% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II menunjukkan rata-rata aktivitas peneliti sebesar 86,67% sedangkan aktivitas siswa menunjukkan rata-rata adalah 86,11%. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa serta aktivitas guru yang menunjukkan adanya peningkatan persentase dari tindakan siklus I sampai tindakan siklus II. Hasil observasi dua orang pengamat menunjukkan bahwa persentase aktivitas peneliti dalam mengajar telah meningkat dari 70% menjadi 86,67% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran juga meningkat dari 66,67% menjadi 86,11% dengan kategori sangat baik. Hal ini terlihat dari siswa lebih antusias dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mahyiddin, MA Pembimbing II : Rita Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: AKTIIVITAS BELAJAR, PETA KONSEP, FIQIH
Subjects: Hukum Islam > Fiqih
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 03 Oct 2017 09:00
Last Modified: 03 Oct 2017 09:00
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/971

Actions (login required)

View Item View Item