EFEKTIVITAS METODE CERITA DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK PRILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 4 LANGSA

LISA EVAWANI, 111005414 (2015) EFEKTIVITAS METODE CERITA DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK PRILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 4 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (479Kb) | Preview

Abstract

Nama: Lisa Evawani, Tempat/Tanggal Lahir: Geulanggang Meurak / 30 Oktober 1989, NIM: 111005414, Judul Skripsi: Efektivitas Metode Cerita dalam Proses Pembelajaran untuk Membentuk Prilaku Keagamaan Siswa di SMA Negeri 4 Langsa. Penggunaan metode yang tepat akan sangat menentukan efektifitas proses pembelajaran dan dapat diterapkan seorang guru agar mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Selain itu metode yang digunakan juga mampu membentuk prilaku khususnya prilaku keagamaan siswa menjadi lebih baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah prilaku keagamaan siswa yang masih rendah dikarenakan siswa tidak memahami aturan atau tata krama dalam ajaran Islam. Prilaku keagamaan siswa yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah mengucap dan menjawab salam bila bertemu dengan teman maupun gurunya, cara bertutur kata yang baik dan sopan, serta tingkah laku siswa dalam hal tolong menolong dengan sesamanya. Penelitian ini ditempuh bertujuan untuk mengetahui prilaku keagamaan siswa SMA Negeri 4 Langsa, untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan metode cerita, serta untuk mengetahui implikasi metode cerita terhadap perilaku keagamaan siswa SMA Negeri 4 Langsa.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang sesungguhnya di lokasi penelitian. Metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan agar hasil yang diperoleh tersusun secara sistematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 4 Langsa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Simple Random Sampling yaitu teknik sampling yang dilakukan secara acak. Dengan demikian, sampel dalam penelitian ini sebanyak satu kelas yaitu kelas X.5. Adapun tahap-tahap yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Langkah peneliti untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (kesimpulan). Setelah melakukan penelitian di SMA Negeri 4 Langsa dengan menggunakan metode cerita saat proses pembelajaran untuk membentuk prilaku siswa maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prilaku keagamaan siswa pada pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas sudah menunjukkan hal yang baik, yaitu siswa sudah mulai mengucapkan dan menjawab salam, sudah mulai bertutur kata yang baik dan sopan, dan selalu saling tolong menolong dengan sesama temannya. 2) Efektivitas metode cerita dalam proses pembelajaran berkategori efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan prilaku dari dalam diri siswa sendiri serta aktivitas saat pembelajaran pun baik yaitu sebesar 82,86% adalah kategori baik. 3) Implikasi metode cerita terhadap perilaku keagamaan siswa ditunjukkan dengan rasa ingin tahu dan pemusatan perhatian siswa saat pembelajaran berlangsung, dan Tidak hanya itu,metode cerita ini dapat berimplikasi terhadap prilaku keagamaan siswa jika dilakukan secara terus menerus dan ada maka siswa akan berakhlakul karimah, membentuk pribadi agar dapat bertindak, berperilaku, memiliki sopan santun, moral dan kebiasaankebiasaan yang baik sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Hadist.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. Basri Ibrahim, MA Pembimbing II: Mahyiddin, MA
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 03 Oct 2017 08:42
Last Modified: 03 Oct 2017 08:42
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item