KAMARUZZAMAN, 1012010110 (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA PADA SD NEGERI 3 IDI. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY. KAMARUZZAMAN. PAI.2015.pdf Download (974Kb) | Preview |
Abstract
Negeri 3 Idi”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang kurang kondusif. Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi baik kepada pengajar maupun antar sesama teman sehingga ketika mengajar pendidikan agama Islam berpeluang besar gagalnya proses internalisasi nilai-nilai agama Islam pada diri siswa. Oleh karena itu penelitian ini mencoba menawarkan sebuah alternatif metode pembelajaran dimana metode pembelajaran ini lebih berpusat pada siswa yang disebut dengan metode bermain. Dalam pelaksanaannya siswa di tempatkan ke dalam tim dengan anggota yang heterogen. Di dalam kelompok tersebut mereka mempelajari materi yang telah ada, setelah siap baru mereka di letakkan pada kursi-kursi Turnament untuk belajar bersama. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh metode bermain pada pelajaran pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar murid di SD Negeri 3 Idi, (2) Bagaimana penggunaan metode bermain pada pelajaran pendidikan agama terhadap hasil belajar murid SD Negeri 3 Idi dan (3) Hambatan apa saja yang dihadapi guru dalam menerapkan metode bermain bagi murid di SD Negeri 3 Idi?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui angket. Peneliti mencoba menjawab dengan metode analisa deskriptif, penjabaran hasil data dihitung dengan nilai frekuensi prosentasi relatif. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode bermain terhadap hasil belajar siswa digunakan rumus paired samples T-test. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode bermain terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 3 Idi dan berdasarkan analisis penggunaan metode bermain dapat diketahui bahwa, hasil belajar peserta didik tergolong baik. Hal ini dapat diketahui dari jumlah rata – rata hasil belajar peserta didik selama tiga pertemuan. Hal ini dapat dilihat dari jumlah rata-rata hasil belajar tidak baik peserta didik kurang dari hasil belajar baik peserta didik ( 3,0 < 7,0) ini menunjukkan bahwa peserta didik aktif dalam mengikuti pembelajaran menggunakan metode bermain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. Zainuddin, MA Pembimbing II: Zainal Abidin, MA |
Uncontrolled Keywords: | METODE PEMBELAJARAN |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 02:54 |
Last Modified: | 03 Oct 2017 02:54 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/962 |
Actions (login required)
View Item |