SEPRIANI AYU LESTARI HARAHAP , 511000787 (2015) PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK KOSMETIK (Studi Pada Mahasiswi Prodi Muamalat Jurusan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ZAWIYAH COT KALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (365Kb) | Preview |
Abstract
Fenomena kecantikan saat ini dapat menjadi ancaman bagi khususnya para remaja yang ingin tampil lebih cantik, menarik, menawan khususnya bagi mahasiswi Prodi Muamalat Jurusan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Zawiyah Cot Kala Langsa. Apabila Dirjen BPOM dan LPPOM-MUI sebagai pemegang otoritas tidak mengendalikannya secara tepat berbagai produk kosmetik yang telah beredar di Aceh khususnya pada masyarakat Langsa. Namun lembaga tersebut berkewajiban memantau dan senantiasa melakukan pengawasan serta pemeriksaan dengan ketat agar tidak mengecewakan konsumen. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui persepsi Prodi Muamalat Jurusan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Zawiyah Cot Kala Langsa terhadap label halal produk kosmetik dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara label halal terhadap keputusan menggunakan produk kosmetik oleh mahasiswi Prodi Muamalat Jurusan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Zawiyah Cot Kala Langsa. Dengan metode yang penulis gunakan di dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguraikan atau menggambarkan tentang sifat-sifat (karakteristik) dari suatu keadaan atau objek penelitian yang dilakukan melalui pengumpulan dan analisis data kuantitatif serta pengujian statistik dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana, melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui sda keeratan hubungan antara label halal dengan keputusan menggunakan produk kosmetik mencapai r = 0,485 (hubungan dikategorikan lemah dan positif karena nilai r yang diperoleh < 0,5, hubungan X dan Y lemah (+)) sedangkan pengaruh label halal terhadap keputusan menggunakan produk kosmetik adalah kecil yaitu hanya berpengaruh sebesar r2 = 23,5%. Ini berarti mahasiswi tetap membeli produk kosmetik berlabel halal karena merupakan kebutuhan pokok tetapi keputusan menggunakan produk kosmetik kecil (lemah). Berdasarkan uji t yang dilakukan, diperoleh nilai t-hitung 3,760 dan nilai t-tabel 1,6449. Angka ini menunjukkan alasan penerimaan terhadap hipotesis di mana ada pengaruh label halal terhadap keputusan menggunakan kosmetik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Abdul Hamid, MA Pembimbing II: Ainul Mardhiah, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | KOSMETIK, HALAL |
Subjects: | Hukum Islam > Wanita Dalam Islam > Fikih Khusus Wanita Muamalat > Aspek Muamalat Lainnya Hukum Islam > Wanita Dalam Islam |
Divisions: | Fak. Syariah > Muamalah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 10 May 2017 02:38 |
Last Modified: | 10 May 2017 02:38 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/903 |
Actions (login required)
View Item |