NENENG GUSTI KHAIRANI, 521000214 (2015) ANALISA TERHADAP PEMIKIRAN MAZHAB SYAFI’I TENTANG HUKUM KESAKSIAN DALAM AKAD NIKAH. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (614Kb) | Preview |
Abstract
Hukum kesaksian dalam akad nikah merupakan hal yang sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut. Hal ini memberikan kepada penyusun untuk memperjelas seputar pemikiran mazhab Syafi’i tentang hukum kesaksian dalam akad nikah. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana pendapat mazhab Imam Syafi’i mengenai hukum kesaksian dalam akad nikah serta bagaimana relevansi kesaksian dalam akad nikah menurut Imam Syafi’i di era modern. Penyusunan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pendapat mazhab Syafi’i mengenai hukum kesaksian dalam akad nikah dan relevansinya di era modern. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitatif yang lebih menekankan analisisnya terhadap pemikiran mazhab Imam Syafi’i tentang hukum kesaksian dalam akad nikah beserta relevansinya di era modern. Berdasarkan metode penelitian yang digunakan, maka terungkap bahwa pendapat Imam Syafi’i terhadap hukum kesaksian dalam akad nikah adalah kehadiran saksi pada saat akad nikah adalah sebagai syarat sah nikah, sedangkan jika pada saat akad nikah tidak dihadiri oleh para saksi maka pernikahan yang berlangsung menjadi tidak sah. Kemudian pendapat Imam Syafi’i mengenai pernikahan yang sah dengan dengan dihadiri oleh para saksi masih relevan dengan konteks era modern saat ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. H. Abdullah, AR, MA Pembimbing II: Syamsul Rizal, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | PEMIKIRAN, PEMIKIRAN MAZHAB SYAFI’I |
Subjects: | Hukum Islam > Munakahat |
Divisions: | Fak. Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga Islam) |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 08:36 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 08:36 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/879 |
Actions (login required)
View Item |