YULIA SARI, 1012011082 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (606Kb) | Preview |
Abstract
Agar dapat mengajar dengan efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa baik kualitas maupun kuantitas. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Guru harus bisa menunjukkan keseriusan saat mengajar sehingga dapat membangkitkan minat serta motivasi siswa untuk belajar. Makin banyak siswa yang terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan hasil belajar yang dicapainya. Salah satu alternatif yang memungkinkan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran The Power of Two. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah Strategi Pembelajaran The Power Of Two Pada Mata Pelajaran PAI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Langsa? 2) Bagaimanakah respon siswa terhadap pembelajaran The Power Of Two pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII SMP Negeri 4 Langsa ? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran the power of two pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan prestasi belajar dan respon siswa kelas VII SMP Negeri 4 langsa?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian mengacu kepada model siklus spiral PTK Kemmis S. and Mc. Taggart yang melalui beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 SMP Negeri 4 Langsa semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 10 soal dan lembar angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Penerapan strategi pembelajaran The Power Of Two dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Langsa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa 60 (pre test), meningkat menjadi 70 (post test siklus 1), dan menjadi 81 (post test siklus 2). Dengan persentase ketuntasan belajar 31.81% pada saat pre test. Meningkat menjadi 50% pada siklus 1 dan 77.27% pada siklus 2. Penerapan strategi pembelajaran The Power Of Two dapat meningkatkan respon siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII SMP Negeri 4 Langsa. Hal ini dapat diketahui dari hasil persentase dimana pada siklus 1 respon siswa dengan kriteria baik sebesar 36.36% dan cukup sebesar 63.63%, kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 86.36% untuk respon siswa dengan kategori baik dan 13.63% untuk respon siswa dengan kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Zulfitri, MA |
Uncontrolled Keywords: | PRESTASI BELAJAR, STRATEGI PEMBELAJARAN |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 03:06 |
Last Modified: | 25 Jan 2017 03:06 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/813 |
Actions (login required)
View Item |