PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SIFAT – SIAFAT ALLAH DI KELAS VII SMPN 10 KOTA LANGSA

BASYARI, 110805004 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SIFAT – SIAFAT ALLAH DI KELAS VII SMPN 10 KOTA LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (392Kb) | Preview

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Sifat-sifat Allah”. Dunia Pendidikan terus menerus dituntut untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia sesuai dengan lajunya perkembangan kemajuan teknologi serta budaya yang berkembang dalam masyarakat. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal tentunya punya andil besar dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, di samping lembaga informal lainnya. Hal ini dapat dipahami karena sekolah merupakan lembaga pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara publik, masih mendapat kepercayaan yang luas di tengah masyarakat, serta dianggap mampu menyelenggarakan proses belajar mengajar secara sistematis ke arah tujuan yang jelas. Rumusan masalah adalah bagaimanakah hasil belajar siswa dalam materi sifatsifat Allah dengan menggunakan strategi kooperatif tipe jigsaw di kelas VII SMPN 10 Langsa. Dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi kooperatif tipe jigsaw di kelas VII Sekolah Menenggah Pertama Negeri 10 Langsa pada materi sifat-sifat Allah SWT. Tujuan adalah untuk mengetahui aktifitas serta peningkatan dari hasil belajar siswa dalam materi sifat-sifat Allah dengan menggunakan strategi kooperatif tipe jigsaw di kelas VII Sekolah Menenggah Pertama Negeri 10 Langsa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi kooperatif tipe jigsaw di kelas VII Sekolah Menenggah Pertama Negeri 10 Langsa pada materi sifat-sifat Allah SWT. Subjek yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa di Kelas VII SMPN 10 Langsa yang berjumlah 29 siswa dan guru yang mengajar di SMPN 10 pada mata pelajaran PAI. Untuk mengumpul data peneliti melalui hasil observasi, wawancara dan tes kepada siswa. Pada tes pertama pada siklus I siswa memperoleh hasil rata-rata adalah 61. Nilai ini masih dibawah KKM yang ditentukan dan masih dikatakan kurang. Pada tes yang kedua pada siklus II siswa sudah memperoleh nilai rata-rata 76 Nilai ini sudah dikatakan nilai yang bagus. Dengan demikian, siswa sudah terlihat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan strategi kooperatif tipe jigsaw dalam belajar Sifat-sifat Allah. Sudah aktif dan kreatif dalam belajar dan siswa mampu merespon permasalahan yang timbul dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran materi Sifat-sifat Allah dengan menggunakan strategi kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran bisa meningkatkan hasil belajar siswa dan bisa memotifasi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dra. Hj. Purnamawati, M.Pd Pembimbing II: Mahyiddin, MA
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Subjects: Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa
Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 25 Jan 2017 02:34
Last Modified: 25 Jan 2017 02:34
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item View Item