TEKNIK WALI KELAS DAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN SISWA TROUBLE MAKER DI MAN KUALASIMPANG

MAISARAH LUBIS, 111005585 (2015) TEKNIK WALI KELAS DAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN SISWA TROUBLE MAKER DI MAN KUALASIMPANG. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (452Kb) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya permasalahan siswa yang terjadi pada siswa di MAN Kualasimpang sehingga dapat menghambat belajar serta mempengaruhi perilaku siswa. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan peran guru bimbingan konseling dan guru wali kelas terhadap pelayanan bimbingan konseling pada siswa di MAN Kualasimpang dengan berbagai upaya yang dapat memberikan motivasi kembali bagi siswa. Siswa akan lebih terbuka kepada guru terhadap masalah yang siswa alami sehingga siswa kembalinya dalam belajar dan beraktifitas di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tehnik Guru Bimbingan Konseling dan guru wali kelas terhadap pelayanan bimbingan dan konseling pada siswa di MAN Kualasimpang. Teknik semua wali kelas yaitu mengayomi suatu kelas yang dipegangnya. Seorang wali kelas selain mengajar mata pelajaran yang diampunya, juga diminta untuk membimbing pribadi setiap siswa dikelas yang di pegangnya. Sedangkan peran guru bimbingan konseling adalah melayani dan membimbing siswa serta membantu menangani siswa yang bermasalah yaitu menangani masalah perilaku atau moral siswa. Guru bimbingan konseling mengatasi kenakalan siswa saja sedangkan masalah belajar siswa, guru bimbingan konseling menyerahkan kepada wali kelas atau guru yang mengampu mata pelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu mengumpulkan serta penyusun data dilakuakan dengan menganalisis dan menginterprestasikannya. Penelitian dilaksanakan menggunakan berbagai metode yaitu wawancara, observasi, angket terhadap peran wali kelas dan guru bimbingan konseling dalam pelayanan bimbingan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan siswa terjadi karena adanya perilaku agresif pada siswa yang mempengaruhi tingkat masalah meningkat serta kurangnya perhatian orang tua dan pengawasan orang tua terhadap siswa. Peran wali kelas dan guru bimbingan konseling sama-sama berperan penting tetapi guru bimbingan konseling lebih memberikan pelayanan dan bimbingan dalam mengatasi masalah perilaku dan moral siswa sedangkan wali kelas memberikan pelayanan dan bimbingan dari permasalahan belajar hingga perilaku atau moral siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mahyiddin, MA Pembimbing II: Lathifah Hanum, MA
Uncontrolled Keywords: GURU, PENCEGAHAN DAN PENANGANAN SISWA TROUBLE MAKER
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Pengajar/Guru
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 19 Jan 2017 03:17
Last Modified: 19 Jan 2017 03:17
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item