PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI SISWA DI MTsN KUTA BINJAI

YUSRI , 110603934 (2013) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI SISWA DI MTsN KUTA BINJAI. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
110603934.YUSRI.PAI.2013.pdf

Download (985Kb) | Preview

Abstract

Media merupakan salah satu sarana komunikasi yang sangat penting dalam memperkenalkan isi pendidikan, media telah dikenal sebagai alat bantu mengajar yang seharusnya dimanfaatkan oleh pengajar, namun kerap kali terabaikan. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru atau fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru atau fasilitator perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembeljaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Salah satu upaya seorang guru untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah penggunaan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan pesan-pesannya. Dengan demikian, penggunaan media untuk menyampaikan pesan pembejaran akan lebih dihayati dan bermakna tanpa menimbulkan kesalapahaman bagi keduanya yaitu murid dan guru dan akan memberikan pengaruh terhadap motivasi siswa dalam belajar. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui bagaimana tingkat ketersediaan media pembelajaran di MTsN Kuta Binjai. 2). Untuk mengetahui bahwa penggunaan media pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa di MTsN Kuta Binjai. 3). Untuk mengetahui kendala/hambatan dalam pemanfaatan media pembelajaran pada MTsN Kuta Binjai. Sedangkan manfaat dari penelitian tersebut adalah menambah wawasan dan memperluas pengetahuan yang berkaitan dengan msalah pengajaran yang menggunakan media pembelajaran, yang memudahkan bagi guru dalam menyampaikan materi secara praktis, dan efektif serta memberikan semangat dan motivasi kepada para siswa dalam belajarnya. Adapun metode yang gunakan bersifat kualitatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Murid
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 May 2015 03:32
Last Modified: 27 May 2015 03:32
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item