PRAMADITA, 111005547 (2015) ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
ready.pdf Download (390Kb) | Preview |
Abstract
Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Peka pada ekpresi wajah, suara dan gerakan tubuh orang lain dan ia mampu memberikan respon secara efektif dalam berkomunikasi. Kecerdasan ini juga mampu untuk masuk ke dalam diri orang lain, mengerti dunia orang lain, mengerti pandangan, sikap orang lain dan umumnya dapat memimpin kelompok. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan metode deskriftif interpretative, melalui kajian kepustakaan (Library Research) dengan tujuan untuk mengetahui peran kecerdasan interpersonal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, hasilnya diperoleh bahwa kecerdasan interpersonal terbagi dua poin yang Pertama, kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk berhubungan dengan orang-orang di sekitar yakni kecerdasan yang tampak melalui kemampuan memahami dan memperkirakan perasaan, temperamen, suasana hati, maksud dan keinginan orang lain dan menanggapinya secara layak. Kedua, kecerdasan yang tampak melalui keterampilan yang dimiliki seseorang dalam dalam berkomunikasi dengan orang lain. Kedua hal tersebut menunjukkan bahwa seorang siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal yang baik akan dapat meningkatkan motivasi belajar dirinya, dan motivasi belajar orang-orang di sekelilingnya, dan dengan komunikasi yang baik pula akan terjalin hubungan antar pribadi secara baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Ismail Fahmi Arrauf, MA Pembimbing II: Lathifah Hanum, MA |
Uncontrolled Keywords: | KECERDASAN INTERPERSONAL |
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 03:05 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 03:05 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/730 |
Actions (login required)
View Item |