MAISARAH, 130700076 (2015) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STATISTIK KELAS XII SMK AL-WASHLIYAH LANGSA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (583Kb) | Preview |
Abstract
Analisis kesulitan belajar siswa pada materi pokok statistik kelas XII SMK Al-Washiyah langa tahun ajaran 2012/2013. Pendidikan matematika merupakan salah satu ilmu yang mempunyai peran yang sanagat penting dalam mendukung tujuan pendidikan nasional. Pokok bahasan Statistik merupakan salah satu materi yang diajarkan di SMK AL-Washliyah langsa pada kelas XII. Pemahaman pokok bahasan Statistik akan memberikan manfaat yang sangat besar dalam penyelesaian persoalan yang ditemukan dalam pelajaran matematika maupun pelajaran lainnya, serta mampu mengamplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal statistik dan alternatif pemecahan untuk mengatasi penyebab kesulitan belajar siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah berupa tes yang berbentuk essay dan angket yang masing-masing berjumlah 5 essay dan 10 angket. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK AL-Washliyah Langsa yang berjumlah 40 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif yaitu persentase. Dari hasil teknik analisis data diperoleh. Kelas XII SMK 55% dari 40 siswa menjawab benar dan 45% dari 40 siswa menjawab salah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan siswa dalam penyelesaian soal pada pokok bahasan statistik dikatagorikan cukup. Adapun kesulitan yang dialami siswa adalah kesulitan memahami konsep tentang langkah-langkah menggambar diagram lingkaran, menentukan median dari data tunggal, kesulitan dalam langkah-langkah menentukan median dan modus data kelompok, kesulitan menentukan panjang interval kelas median dan modus data kelompok, kesulitan memahami pengunaan rumus rata-rata gabungan dari data tunggal, serta kesulitan dalam melakukan perhitungan. Oleh karena itu disimpulkan bahwa kesulitan siswa yang paling tinggi adalah kurang memahami konsep, arti lambang, prinsip, operasi dan prosedur, dan kurangnya pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Yenny Suzana, M.Pd Pembimbing II: Jelita, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | MATERI POKOK STATISTIKc, KESULITAN BELAJAR SISWA |
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 28 Dec 2016 03:16 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 03:16 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/718 |
Actions (login required)
View Item |