PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 LANGSA

UMMUL HABSAH HIJRAH, 131100932 (2015) PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
7-PDF_1_Skripsi Ummul Habsah Hijrah.pdf

Download (637Kb) | Preview

Abstract

Kecenderungan menyontek merupakan salah satu fenomena pendidikan yang sering bahkan selalu muncul menyertai aktivitas proses belajar mengajar sehari-hari. Hal ini disebabkan karena siswa enggan untuk berpikir. Mereka lebih mengutamakan hasil tanpa harus menelusuri prosesnya. Keterampilan berpikir yang dapat meningkatkan kecerdasan memproses adalah keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Langsa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Langsa pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langsa. Dari hasil proses pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dengan cara acak kelas, diperoleh kelas VII I dengan jumlah 25 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII H dengan jumlah 23 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung > t tabel dengan nilai 4,23 dan 2,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan open endedberpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Jelita, M.Pd Pembimbing II: Sri Mulyati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: OPEN ENDED, KEMAMPUAN SISWA
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Pendidikan > Murid
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Dec 2016 08:31
Last Modified: 27 Dec 2016 08:31
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item