PENERAPAN KEMAMPUAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP NEGERI 11 LANGSA

ARM, 130900354 (2015) PENERAPAN KEMAMPUAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP NEGERI 11 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (1231Kb) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran matematika dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah kurang berpvariasinya model pembelajarannya yang diterapkan oleh guru.Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersbut ditawarkan suatu penerapan model pembelajaran open ended sebagai salah satu alternatif yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang masih rendah. Open ended merupakan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep. Pembelajaran ini memiliki lima tahapan yaitu tahap pembangkitan minat, pengamatan, penjelasan, Elaborasi, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kreativitas siswa yang diajarkan dengan pendekatan open ended lebih baek jika pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 11 Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MP Negeri 11 Langsa Kota Langsa yang berjumlah 6 kelas sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan cara random sampling, yaitu pengambilan secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes yaitu pre test dan post test. Teknik analisis data menggunakan statistik uji-t. Dari hasil analisis diperoleh t hitung = 2,19 dan t tabel = 2,00. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran open ended lebih tinggi bilang dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dalam memahami materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Negeri 11 Langsa. Setelah dilakukan perlakuan berbeda terhadap kedua kelas, yaitu penerapan model pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel di kelas ekperimen, penerapan pembelajaran dikelas kontrol pada pembelajaran konvensional, diperoleh hasil bahwa, rata- rata skor postest kelas ekperimen: 82,3, dan rata-rata postest kelas kontrol 74,3. Secara deskriptif, hhal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kedua kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Iqbal Ibrahim, M.Pd Pembimbing II: Marzuki, M.Pd
Uncontrolled Keywords: OPENED ENDED, PERSAMAAN LINEAR
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:43
Last Modified: 27 Dec 2016 03:43
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/692

Actions (login required)

View Item View Item