NUR KHOTIMAH, 1032011141 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPROGRAMA BRANCHING TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA MTsN MANYAK PAYED. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (660Kb) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran berprograma branching terhadap pemahaman matematik siswa MTsN Manyak Payed. Model pembelajaran berprograma branching adalah suatu bentuk pembelajaran dengan mempergunakan alat-alat yang bekerja serba otomatis atau kunci-kunci jawaban tertulis yang dibuat sedemikian rupa, sehingga peserta didik dapat mempelajari sendiri bahan-bahan yang telah tersusun secara sistematis, yang menyebabkan peserta didik dapat berdialog dengan bahan-bahan tersebut atas tanggung jawab sendiri. Penelitian ini tergolong kepada jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini adalah dengan Metode eksperimen. Penelitian dengan Metode eksperimen adalah suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Pada tahap praktikalitas model pembelajaran berprograma branching diuji cobakan pada siswa MTsN Manyak Payed kelas VII 3. Efektifitas yang diamati adalah tentang pemahaman matematik siswa yang akan dilihat dari hasil belajar siswa. Untuk mengetahui hasil belajar siswa maka instrumen yang digunakan adalah tes. Sebelum tes digunakan maka terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis yaitu dengan membendingkan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum dilakukan uji hipotesis data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas data. Uji normalitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan rumus chi kuadrat (chi Square), sedangkan uji homogenitas data dilakukan dengan uji dua varians atau distribusi f dengan membandingkan varians terbesar dan varians terkecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berprograma branching terhadap pemahaman matematik siswa kelas VII 3 semester ganjil MTs Negeri Manyak Payed.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Mazlan, M.Si Pembimbing II: Fathonah M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | BRANCHING |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 15 Dec 2016 08:04 |
Last Modified: | 15 Dec 2016 08:04 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/660 |
Actions (login required)
View Item |