PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLED GROUP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMP NEGERI 4 LANGSA)

ARDIAN, 131000583 (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLED GROUP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMP NEGERI 4 LANGSA). Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (453Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Langsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh aktivitas belajar siswa pada materi sudut dan garis dengan menggunakan strategi pembelajaran scrambled groups. Melalui strategi pembelajaran scrambled groups ini siswa akan lebih aktif dalam belajar, lebih fokus, dan merasa senang sehingga mereka tertarik dan tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Langsa yang berjumlah 115 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random samplin). Penulis mengambil VII4 sebagai kelas eksprimen sebanyak 16 siswa dan kelas VII5 sebagai kelas kontrol sebanyak 12 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa Tes dan lembar Observasi, Tes yang digunakan yaitu tes uraian dengan jumlah soal 5 buah yang telah divalidasi oleh dosen dan siswa kelas VIII5 SMP N 4 Langsa dengan jumlah 16 siswa. Dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran scrambled groups. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapat bahwa nilai rata-rata data aktivitas kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 63,88 dan 52 Untuk dk = n1 + n2 - 2 = 16 + 12 – 2 = 26, berdasarkan ttabel pada taraf signifikan ( ) = 0,05, nilai ttabel = 2,056. Hal ini menunjukan nilai thitung  ttabel yaitu thitung = 3,567 dan ttabel = 2,056, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran scrambled groups terhadap aktivitas belajar siswa pokok bahasan aritmatika sosial di SMP Negeri 4 Langsa. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar disekolah khususnya di SMPN 4 Langsa sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar yang lebih baik dan aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Jelita, M.Pd Pembimbing II: Wahyuni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN, SCRAMBLED GROUP
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:06
Last Modified: 15 Dec 2016 03:06
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item