EFEKTIFITAS PROBLEM POSSING MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNISI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI MTs S ‘ULUMUL QURAN LANGSA TAHUN AJARAN 2015/2016

NEZATUL KAMAL, 1032011064 (2015) EFEKTIFITAS PROBLEM POSSING MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNISI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI MTs S ‘ULUMUL QURAN LANGSA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
OK.pdf

Download (2231Kb) | Preview

Abstract

Problem possing dengan menggunakan strategi metakognisi merupakan kolaborasi antara pendekatan dengan Strategi. Kedua item tersebut digunakan secara beriringan oleh peneliti untuk melihat keefektifan proses pembelajaran apabila menggunakan item tersebut apakah ada pengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis siswa atau tidak. Keterampilan berpikir kritis dalah ketrampilan yang dapat meningkatkan kecerdasan memproses. Problem possing dengan strategi metakognisi sama-sama memiki tujuan untuk dapat merangsang kemampuan siswa untuk menyelesaikan masalah melalui tahapan-tahapan berfikir. Siswa dituntut untuk mampu memahami materi yang diberiakan dengan sebenar-benarnya. Siswa diberikan kesempatan untuk menyelesaiakn maslah melalui tahapan menemukan masalah, mengidentifikasi masalah, kemudian menumbuhkan keberanian untuk bertanya, merencanakan langkah penyelesaian, menganalisis masalah dan terakhir mengevaluasi serta memberikan argumen atas apa yang telah diselesaikan. Poblem possing disini sebagai pendekatan berperan sebagai monitor untuk merangsang siswa untuk mampu bertanya dan mengajukan masalah dari berbagi situasi soal/permasalahan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Desain Randomized Control Group Pretest-Pottest. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan dari Problem Possing menggunakan Strategi Metakognisi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di S ‘Ulumul Quran Langsa. Penelitian ini dilakukan di MTs S ‘Ulumul Quran Langsa pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII S ‘Ulumul Quran Langsa. Dari hasil proses pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dengan cara acak kelas, diperoleh kelas VIII Tahfidh Putri I dengan jumlah 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII Zainab Binti Jahasy dengan jumlah 35 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes uraian yang terdiri dari 6 soal, dimana soal tersebut telah di lakukan uji coba dan di hitung Validitas, Reliabilitas, tingkat Kesukaran serta Daya Pembeda. Berdasarkan Analisis data yang diperoleh Rata-rata hasil belajar siswa Kelas Eksperimen adalah 82,53 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol 64, 97 dengan selisih rata-rata kedua kelas adalah 17, 56. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung > t tabel dengan nilai dan 2,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari pada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Legiman, M.Ag Pembimbing II: Meutia Rahmah, M.A
Uncontrolled Keywords: PROBLEM POSSING, METAKOGNISI
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 14 Dec 2016 08:43
Last Modified: 14 Dec 2016 08:43
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item