PERAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMPN 4 LANGSA TP. 2012/2013

ERAWATI, 130800201 (2014) PERAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMPN 4 LANGSA TP. 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
ready.pdf

Download (516Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Media Gambar Dalam Pembelajaran Script Untuk Meningkatan Pemahaman Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas VII SMPN 4 Langsa TP. 2012/2013”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman konsep dengan menggunakan peran media gambar dalam pembelajaran script pada materi operasi hitung bilangan bulat pada kelas VII SMP Negeri 4 Langsa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII-C SMP Negeri 4 Langsa yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, dan observasi. Pengolahan Data yang terkumpul mereduksi, penyajian, dan menarik kesimpulan. Dimana hasil observasi yang dilakukan oleh pengamat I terhadap aktifitas guru diperoleh persentase adalah 81,33 % % dan pengamat II diperoleh persentase 74,66 %. Observasi yang dilakukan pengamat I terhadap aktifitas siswa diperoleh persentase adalah 76,00 % dan pengamat II diperoleh persentase 72,00 %. Selanjutnya ditinjau dari hasil pelaksanaan tingkat siklus II terlihat bahwa siswa yang mendapatkan skor ≥ 65 adalah sebanyak 19 orang, sehingga persentase nilai rata-rata siswa adalah 76,00 %. Dengan demikian pelaksanaan tindakan siklus II sudah berhasil dan tidak perlu dilakukan pengulangan siklus karena hasil observasi telah mencapai > 80 % dan siswa yang mendapat nilai ≥ 65 telah mencapai > 76,00 %. Yang menjadi kesimpulan Peningkatan kemampuan siswa kelas VII-C SMP Negeri 4 Langsa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat meningkat dan lebih baik pada akhir penelitian meskipun belum optimal. Untuk meningkatkan pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat siswa diperlukan latihan yang berulangulang secara intensif dengan menggunakan upaya peningkatan kemampuan matematika. Proses belajar mengajar lebih efektif dan efesien dengan menggunakan upaya peningkatan kemampuan dalam belajar matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: SABARUDDIN, M.Si Pembimbing II: RILDA, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN SISWA, OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 02 Dec 2016 03:21
Last Modified: 02 Dec 2016 03:21
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item