PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE ”WINGEOM” TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII MTSN LANGSA

NURULSAPITRI, 130900378 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE ”WINGEOM” TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII MTSN LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (453Kb) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendasar bagi kehidupan manusia. Karena, pendidikan dapat melahirkan ide yang cemerlang dalam diri manusia dan menjadi bekal untuk memperoleh masa depan yang baik. Banyak faktor yang menyebabkan matematika itu dianggap sulit sehingga pendidik harus mampu mencari solusi sekurang-kurangnya dengan menggunakan media pembelajaran sebagai salah satu alat bantu komunikasi dalam pembelajaran matematika demi meningkatnya hasil belajar siswa di sekolah. Dengan pemakaian media pembelajaran, siswa akan lebih memahami dan menguasai materi bangun ruang karena siswa dapat melihat secara langsung dan siswa juga dapat mengungkapkan secara langsung objek yang akan mereka pelajari. Sehingga konsep abstrak yang baru dipahami akan melekat pada ingatan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan software wingeom terhadap pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII MTsN Langsa., Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Langsa Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 7 kelas berjumlah kurang lebih 239 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 71 siswa. Instrumen yang digunakan berbentuk tes uraian tentang bangun ruang (kubus dan balok). Berdasarkan hasil penelitian dari Penggunaan software wingeom untuk meningkatan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok di kelas VIII MTsN Negeri Langsa dengan nilai rata-rata postest adalah 83,89 berkategori tinggi sedangkan nilai Perbandingan signifikan F hitung (5,55) > Ftabel (3,99) yang berarti signifikan dan perbandingan linearitas F hitung (0,55) < Ftabel (2,01) yang berarti data tersebut berpola linear. Dengan persamaan regresi adalah Y = 60,14 + 0,28 X. Hasil rata-rata observasi aktivitas belajar siswa adalah sebesar 83,76. Dengan demikian, dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa penggunaan software wingeom berpengaruh terhadap pemahaman matematis siswa pada materi pokok bangun ruang di kelas VIII MTs Negeri Langsa tahun pelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: IQBAL IBRAHIM, M. Pd Pembimbing II:BUDI IRWANSYAH, M. Si
Uncontrolled Keywords: ”WINGEOM, MATERI BANGUN RUANG
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Nov 2016 03:55
Last Modified: 30 Nov 2016 03:55
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item