LINA SUSIA NINGSIH, 1032010038 (2015) KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK MELALUI MODEL PLANTET QUESTIONS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 LANGSA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
7-PDF_1_SKRIPSI LINA SUSILA NINGSIH.pdf Download (534Kb) | Preview |
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat menentukan bagi perkembangan bangsa dan negara. Tujuan pendidikan pada umumya adalah menyediakan lingkungan kepada anak didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuan secara optimal. Penelitian ini salah satu aspek yang terpenting dalam pembelajaran untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam pemahaman matematik. Kemampuan yang tidak serius dapat mempengaruhi peserta didik dalam hal semangat belajar. Agar kegiatan kemampuan dapat membangun semangat belajar, guru mencoba menerapkan pemahaman matematik melalui model Plantet Question. Kemampuan dalam matematik adalah kemapuan siswa dalam pemahaman konsep, pemecahan masalah/penalaran dalam tugas lisan ataupun tulisan dikarenakan dalam kemampuan matematik bukan jawaban yang benar melainkan bagaimana proses yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Plantet Questions dapat meningkatkan kemampuan siswa dan respon terhadap materi kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu bersifat deskriptif dan tanpa menggunakan analisis data statistik jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i SMP Negeri 4 Langsa VIII-2 yang berjumlah 34 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman matematika pada materi Kubus dan Balok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi dan tes sedangkan data analisis dengan menggunakan uji persentase. Berdasarkan hasil analisis data tindakan siklus I menunjukkan observasi terhadap guru mencapai 86,45 %, hasil tes akhir siswa mencapai 79,42 % dan kemampuan pemahaman belajar siswa mencapai 20,58 %, hasil tes akhir data tindakan siklus II menunjukkan hasil observasi terhadap guru mencapai 92,71 %, hasil tes akhir siswa mencapai 79,42 % dan kemampuan pemahaman belajar siswa mencapai 79,42 %. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematik melalui model Plantet Questions siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Langsa dikatagorikan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Mazlan, M.Si Pembimbing II: Raudahatul Husna, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN, PLANTET QUESTION |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 03:33 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 03:33 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/629 |
Actions (login required)
View Item |